Arti Kata

Jokowi Bentuk TGIPF untuk Tragedi Kanjuruhan dan Tunjuk Mahfud MD Jadi Ketua, Apa Itu TGIPF?

Apa Itu TGIPF? tim khusus bentukan Jokowi serta diketuai Mahfud MD untuk mengusut Tragedi Kanjuruhan, simak tugas, aturan, wewenang, dan kewajibannya.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Tangkapan Layar via Sekretariat Kabinet RI
Menkopolhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta pada Senin (3/10/2022) saat memberikan keterangan pers terkait hasil Rakorsus Tragedi Sepak Bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan sedikitnya 131 orang setelah pertandingan Liga Indonesia antara Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022) lalu. Mahfud MD ditunjuk menjadi Ketua TGIPF Trgaedi Kanjuruhan tersebut. Apa itu TGIPF? Simak aturan dasar pembentukan tugas, wewenang, dan kewajiban ataupun tanggung jawab dari TGIPF. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, meninggalkan duka mendalam bagi para keluarga korban jiwa dan menyita perhatian dunia.

Besarnya tragedi Kanjuruhan yang menelan setidaknya 131 orang dalam kerusuhan setelah laga derbi Liga 1 Indonesia Arema FC vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022) inipun mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah.

Pemerintah Indonesia sampai membuat tim khusus yang disebut TGIPF untuk mengusut tuntas Tragedi Kanjuruhan ini.

Apa Itu TGIPF?

TGIPF adalah singkatan dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta.

Baca juga: Apa Itu Gas Air Mata? Zat Kimia yang Dilarang FIFA tapi Digunakan Polisi saat Tragedi Kanjuruhan

Pembentukan TGIPF dalam tragedi Kanjuruhan ini didasarkan pada Keppres RI Nomor 19 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang.

Dilansir TribunGorontalo.com dari Sekretariat Kabinet RI, Keppres Nomor 19 Tahun 2022 ini diterbitkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencari, menemukan, dan mengungkap fakta terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Selain menewakan 131 orang, ratusan penonton lainnya juga dikabarkan mengalami luka-luka dengan intensitas ringan hingga berat.

“Perlu dilakukan tindakan untuk mencari, menemukan, dan mengungkap fakta dengan didukung data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, sebagai bahan evaluasi untuk menghindari peristiwa serupa terjadi di masa yang akan datang, serta memberikan keadilan baik bagi korban dan/atau keluarganya maupun masyarakat dalam peristiwa tersebut,” bunyi poin b pertimbangan Keppres Nomor 19 Tahun 2022.

Baca juga: Apa Itu CN? Jenis Gas Air Mata yang Sering Digunakan Aparat Kepolisian untuk Bubarkan Kerusuhan

Tugas TGIPF Tragedi Kanjuruhan

Berdasarkan Keppres Nomor 19 Tahun 2022, TGIPF Tragedi Kanjuruhan bertugas untuk mencari, menemukan, dan mengungkap fakta dengan didukung data serta informasi yang dapat dipertanggungjawabkan pada peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan Malang.

TGIPF Tragedi Kanjuruhan juga bertugas untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pertandingan sepak bola antara Arema FC dengan Persebaya Surabaya pada Sabtu lalu.

Evaluasi ini termasuk prosedur pengamanan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, sebagai panduan agar tak terjadi peristiwa serupa di kemudian hari.

Baca juga: Apa Itu Saksi Mahkota? Istilah yang Disematkan ke Bharada E, Siap Kejutkan Persidangan Ferdy Sambo

Wewenang TGIPF Tragedi Kanjuruhan

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved