Arti Kata

Apa Itu CN? Jenis Gas Air Mata yang Sering Digunakan Aparat Kepolisian untuk Bubarkan Kerusuhan

Gas air mata jadi sorotan dalam tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang, adapun jenis gas air mata yang kerap digunakan adalah CN, apa itu CN?

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
KOMPAS.com/SUCI RAHAYU
Suasana di area Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur setelah kericuhan penonton yang terjadi seusai laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 bertajuk derbi Jawa Timur, Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam. Polisi menggunakan gas air mata yang sebenarnya dilarang oleh FIFA untuk membubarkan kerusuhan dalam pertandingan sepak bola. Jenis gas air mata yang paling sering digunakan sendiri ialah CN, apa itu CN? 

TRIBUNGORONTALO.COM - Penggunaan gas air mata oleh polisi menjadi sorotan dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10/2022) yang menewaskan sedikitnya 125 orang.

Pasalnya, kepulan gas air mata yang dilontarkan polisi tersebut diduga menjadi pemicu banyaknya korban yang berjatuhan dalam tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

Terlebih penggunaan gas air mata sebenarnya telah dilarang oleh FIFA namun zat kimia itu justru dipakai polisi untuk membubarkan kerusuhan di Stadion Kanjuruhan setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya Sabtu lalu.

Gas air mata yang biasanya mengandung zat kimia bernama CN dan CS itu diketahui memang kerap digunakan polisi untuk membubarkan kerusuhan saat aksi atau demonstrasi massa.

Baca juga: Pasca Tragedi Kanjuruhan, Asprov PSSI Gorontalo Instruksi Panpel Liga 3 Gorontalo Penuhi Syarat Ini

Apa Itu CN?

Dilansir TribunGorontalo.com dari Encyclopedia Britannica, CN adalah komponen utama dari agen aerosol Mace dan banyak digunakan dalam pengendalian kerusuhan.

CN bisa mempengaruhi bagian tubuh orang yang terpapar terutama mata.

CN (chloroacetophenone) atau Fenacyl klorida/kloroasetofenon ialah asetofenon tersubstitusi yang berguna dalam kimia organik.

Baca juga: Moskow secara De Jure Bakal Gabungkan 4 Wilayah Ukraina yang Dicaplok ke Rusia, Apa Itu De Jure?

CN merupakan salah satu jenis gas air mata yang digunakan aparat untuk membubarkan suatu kerusuhan.

Gas air mata (lakrimator) sendiri termasuk dari sekelompok zat yang mengiritasi selaput lendir mata hingga menyebabkan sensasi menyengat dan air mata.

Gas air mata juga dapat mengiritasi saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan batuk, dan tersedak.

Gas air mata pertama kali digunakan dalam Perang Dunia I dalam perang kimia, namun lantaran efeknya berlangsung singkat dan jarang melumpuhkan, gas kimia ini mulai digunakan untuk membubarkan massa kerusuhan.

Baca juga: Apa Itu Gas Air Mata? Zat Kimia yang Dilarang FIFA tapi Digunakan Polisi saat Tragedi Kanjuruhan

Efek gas air mata bersifat sementara dan reversibel dalam banyak kasus.

Menggunakan masker gas dengan filter arang aktif diketahui bisa membantu memberikan perlindungan yang baik terhadapnya.

Halaman
12

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved