Capres 2024

Pengamat Politik IAIN Gorontalo Hendra Yasin Bicara Peluang 2 - 4 Pasangan Capres-Cawapres

Konstelasi Pemilu Presiden 2024 berpeluang diikuti 4 pasangan calon presiden-calon wakil presiden.

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com
Delapan figur kandidat capres-cawapres Pilpres 2024. Konstelasi Pemilu Presiden 2024 berpeluang diikuti 4 pasangan calon presiden-calon wakil presiden. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Konstelasi Pemilu Presiden 2024 berpeluang diikuti 4 pasangan calon presiden-calon wakil presiden.

Spekulasi lain menyebutkan, pesta demokrasi berpeluang juga 2 atau 3 pasangan capres-cawapres.

PDIP menjadi penentu kontestasi peserta pilpres. Bila PDIP gabung koalisi besar Partai Golkar dan Partai Gerindra kemungkinan 2 pasangan. Jika PDIP usung sendiri berpeluang 3 pasangan.

Pengamat Politik Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Sultan Amat Gorontalo Hendra Yasin mengatakan, proses deal politik untuk menentukan koalisi hingga mengusung pasangan calon masih cukup panjang.

Peta koalisi saat ini bisa dikata masih sangat dinamis, memungkinkan tidak hanya 2 pasangan calon bahkan bisa saja 3-4.

Alumni Politik dan Pemerintahan di Univesitas Gajah Mada (UGM) itu mengatakan, Terlebih saat ini peta koalisi masih sangat cair, tentu semua partai mempunyai kepentingan masing-masing bisa saja paslon akan berkembang menjadi 4. Serta statmen para pimpinan partai tentu beragam.

Baca juga: Sri Mulyani dan Sandiaga Uno Jadi Figur Potensial Capres

Baru-baru ini mencuat nama Prabowo dan Airlangga, kedua pimpinan partai baru-baru ini melakukan pertemuan di antaranya ketua partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Akankah hal itu menjadi pertemuan dia capres.

Meski demikian pengamat politik ini menuturkan Prabowo Subianto dan Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto bisa dikata itu sesuatu yang wajar antar ketua-ketua umum partai dalam menjalin komunikasi untuk Pilpres nanti di 2024.

Ditanyakan apakah ini membentuk poros koalisi 2-3-4, tentu hal ini sekiranya masih sangat cair walaupun dibilang Pilpres 2024 sangat dekat akan tetapi proses koalisi tentu masih sangat panjang.

"Saat ini belum bisa dikatakan hanya mengerucut 2 paslon, ada kemungkinan sampai 4 koalisi yang akan terbentuk di Pilpres 2024," tuturnya, Kamis (22/9/2022).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved