Sri Mulyani dan Sandiaga Uno Jadi Figur Potensial Capres

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Keuangan Sri Mulyani termasuk figur potensial calon presiden (capres) 2024.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Keduanya termasuk figur potensial calon presiden (capres) 2024. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Keuangan Sri Mulyani termasuk figur potensial calon presiden (capres) 2024.

Sandiaga Uno berada di urutan kedua setelah Sri Mulyani dari perspektif atau sudut pandang keberhasilan perekonomian nasional.

Setelah Sandiaga Uno, ada Menteri BUMN Erick Thohir dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Kader Gerindra Goyang Sandiaga Uno, Posisi Menparekraf Rawan

Analis Komunikasi Politik sekaligus Dosen Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menyampaikan sosok capres potensial dalam Pilpres 2024 adalah Sri Mulyani, Sandiaga Uno, Erick Thohir dan Airlangga Hartarto pada posisi terakhir.

"Saya harus sebut Sri Mulyani, kenapa? Ya dia Menteri Keuangan, tapi dia Menteri dua presiden. Kedua, Sandiaga Uno, ketiga Erick Thohir dan Airlangga Hartarto," ungkap Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Selasa (13/9/2022).

Berdasarkan hasil penelitiannya, Hensat, sapaan akrabnya, memaparkan satu variabel yang menjadi kunci kesuksesan karier Airlangga, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno dalam dunia politik.

Kunci sukses tersebut adalah kekayaan yang dimiliki sebelum ketiganya menjadi politisi.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Digoyang Kader Gerindra: Prabowo Angkat Suara

"Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Airlangga Hartarto itu dalam kelompok yang sama. Kenapa? Karena kan Airlangga Hartarto brojol tajir bos, anak orang kaya. Sandiaga juga gitu. Erick juga gitu," ungkap Hensat.

"Sekarang pertanyaannya, mereka sudah sejahtera, sudah kaya raya, bisa gak bikin orang lain kaya juga? Bisa gak bikin orang lain sejahtera juga? Mau nggak mereka membina orang supaya mirip-mirip lah seperti mereka kira-kira?," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya secara langsung meyakini Sri Mulyani merupakan sosok potensial yang maju sebagai Capres 2024.

Terlebih, hasil survei terkini diungkapkannya menyatakan pemimpin perempuan dianggap lebih bisa mengatasi hal-hal yang ada kaitannya dengan permasalahan konkret, di antaranya tentang stabilitas harga kebutuhan pokok dan lainnya.

"Jadi nama Puan (Puan Maharani), Susi (Susi Pudjiastuti), Sri Mulyani itu diunggulkan untuk bisa mengatasi masalah harga-harga mahal itu. Mungkin respondennya orang rumah ya," tutupnya.

Sementara itu, Sandiaga Uno disebut menjadi capres potensial dalam Pilpres 2024.

Baca juga: Airlangga-Sandiaga Uno Berpeluang Duet Pilpres dari Koalisi Indonesia Bersatu

Alasannya, Menparekraf itu dinilai berlatar belakang dan berprestasi dalam pemulihan ekonomi serta memiliki popularitas dan elektabilitas.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved