Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-290: Putin Tingkatkan Potensi Penyelesaian Guna Akhiri Invasi

Kondisi terkini perang, Sabtu (10/12/2022): Presiden Rusia Vladimir Putin meningkatkan kemungkinan penyelesaian untuk mengakhiri perangnya di Ukraina.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Tangkapan Layar The Guardian
Foto Presiden Rusia Vladimir Putin saat memberikan pidato dalam rangka perayaan Hari Kemenangan 'Victory Day' pada Senin, 9 Mei 2022. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-290 pada Sabtu (10/12/2022) antara lain Putin meningkatkan kemungkinan penyelesaian untuk mengakhiri perangnya di Ukraina. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Sabtu (10/12/2022) terhitung telah berlangsung 290 hari lamanya.

Kabar terbaru di antaranya adalah Presiden Rusia Vladimir Putin menyebutkan potensi penyelesaian dengan Ukraina.

Invasi ini dimulai sejak Putin memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Putin juga menyebut invasinya ini sebagai 'operasi militer khusus' untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-289: Putin Bersumpah Bakal Terus Serang Sistem Energi Listrik

Namun seiring perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson sekaligus.

Konflik yang terjadi di antara dua negara bertetangga tersebut, hingga kini masih berlanjut dan belum tampak akan segera berakhir.

Bahkan menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, perang Rusia vs Ukraina bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-290 perang Rusia dengan Ukraina:

- Putin telah meningkatkan kemungkinan penyelesaian untuk mengakhiri perangnya di Ukraina, sambil tetap mengklaim bahwa "operasi militer khusus" akan direncanakan.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-288: Putin Sebut Invasinya Bisa Menjadi Proses Jangka Panjang

"Proses penyelesaian secara keseluruhan, ya, itu mungkin akan sulit dan akan memakan waktu - tetapi dengan satu atau lain cara, semua peserta dalam proses ini harus setuju dengan kenyataan yang terbentuk di lapangan," kata dalam konferensi pers di Bishkek, Kyrgyzstan.

Pernyataan Putin tersebut datang hanya beberapa hari setelah dia mengatakan aksi militernya di Ukraina bisa menjadi "proses jangka panjang".

- Ledakan telah dilaporkan di pangkalan udara Berdiansk di wilayah Zaporizhzhia Ukraina.

Tiga ledakan besar terdengar, serta yang lebih kecil, di dekat kota yang diduduki Rusia di pantai Laut Azov.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-287: AS Tak Izinkan Kyiv Serang Wilayah Negara Putin

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved