Festival Pohon Cinta

Festival Pohon Cinta, SMS Promosikan Budaya Pohuwato-Gorontalo

Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar Festival Pohon Cinta sebagai rangkaian perayaan HUT ke-19 Pohuwato.

Penulis: Wawan Akuba | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Wawan Akuba
Festival yang dibuka oleh Direktur Event Daerah Kementerian Pariwisata, Reza Fahlevi itu di kawasan Pohon Cinta, Pohuwato, Selasa (22/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Marisa - Pemerintah Kabupaten Pohuwato menggelar Festival Pohon Cinta sebagai rangkaian perayaan HUT ke-19 Pohuwato serta milad kepemimpinan Saipul Mbuinga dan Suharsi Igirisa (SMS).

Festival yang dibuka oleh Direktur Event Daerah Kementerian Pariwisata, Reza Fahlevi itu akan berlangsung hari ini, Selasa hingga Kamis (22-24/22/2022).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pohuwato, Zulkifli Umar menjelaskan, event tahunan ini menjadi ajang untuk memperkenalkan daerah berjuluk Bumi Panua itu ke tingkat nasional dan international.

Pohuwato, menurut Zulkifli, memiliki potensi wisata dan budaya yang tidak kalah menarik dari daerah lain. Karena itu, potensi inilah yang kemudian kata dia harus ditonjolkan dan dipromosikan.

“Tujuan kami menggelar event ini adalah bagaimana pengenalan budaya di Gorontalo khususnya di Pohuwato ke luar daerah,” ungkap Zulkifli kepada Tribun Gorontalo, Selasa.

Baca juga: Sulut-Sulteng Ramaikan Festival I Look Boalemo-Gorontalo, Promosikan Wisata dan Produk UMKM

Publikasi potensi budaya dan pariwisata ke luar daerah itu, kata Zulkifli, muaranya adalah bagaimana perbaikan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut. Makanya, pada festival ini, pihaknya tidak hanya menampilkan atraksi budaya, namun juga menggelar bazar ekonomi kreatif.

“Sehingga tema kita untuk ulang tahun kali ini adalah Pohuwato Sehat, Ekonomi Bergeliat. Bukitnya saat ini banyak UMKM maupun IKM yang memamerkan produk mereka di festival ini,” tutup Zulkifli.

Sejumlah kegiatan yang digelar di festival ini di antaranya adalah atraksi alat musik khas Gorontalo, Polopalo. Lalu ada penampilan grup musik Rabana dan Turunani. Pemkab Pohuwato pun berkolaborasi dengan Pemkab Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dalam menampilkan Parade Wonderfull Indonesia. Lalu ada parade perahu hias.

Karena meriahnya festival ini, Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi bahkan berharap, agar event tahunan ini dimasukan dalam 100 CoE (calender of event) Kementerian Pariwisata. (wan)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved