Festival I Look Boalemo

Sulut-Sulteng Ramaikan Festival I Look Boalemo-Gorontalo, Promosikan Wisata dan Produk UMKM

Sukses pada 2015, Pemerintah Kabupaten Boalemo kembali menggelar festival pada 2022. Festival  "I Look Boalemo”  untuk mempromosikan pariwisata.

Penulis: Wawan Akuba | Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
Tarian khas Gorontalo yang ditampilkan pada Festival I Look Boalemo, Jumat (11/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Sukses pada 2015, Pemerintah Kabupaten Boalemo kembali menggelar festival pada 2022. Festival  "I Look Boalemo”  untuk mempromosikan potensi pariwisata serta produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Festival diikuti beberapa daerah seperti Kota Tomohon, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dari Provinsi Sulawesi Utara.

Kemudian Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Selain peserta dari luar daerah, sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo ambil bagian pada festival yang berlangsung mulai Jumat hingga Minggu (11-13/2/2022).

120222-Fathlina Podungge
Panitia Festival I Look Boalemo, Fathlina Podungge

Boalemo  adalah kabupaten yang berada di Teluk Tomini. Sebagai kabupaten yang memiliki garis pantai yang panjang, Boalemo menyimpan potensi laut dan sumber daya alam yang melimpah. Potensi inilah yang menjadi tujuan pemerintah untuk dipromosikan.

Panitia Festival I Look Boalemo, Fathlina Podungge kepada TribunGorontalo.com mengungkapkan, memang tujuan dari digelarnya festival ini untuk memulihkan ekonomi karena pandemi, menggagas kerja sama penggunaan Pelabuhan Tilamuta dengan pemanfaatan tol laut dan starting point pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Tujuan kami juga untuk pemberdayaan UMKM dan promosi pariwisata Kabupaten Boalemo,” ungkap Fathlina, Jumat. 

Sebab menurutnya, selain sebagai wadah bagi UMKM untuk memasarkan produknya, juga menjadi sarana untuk mendapatkan referensi bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi pasar. Karena pada festival ini, akan dilaksanakan business matching yang akan mempertemukan pelaku usaha dan pelaku UMKM untuk membicarakan terkait supply and demand.

Dalam sektor pariwisata, Festival I Look Boalemo diharapkan mampu memberikan efek berantai dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Boalemo. Karena festival ini sedikitnya dihadiri oleh sejumlah kepala daerah dari wilayah Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

120222-I Look Boalemo
Atraksi budaya Gorontalo yang ditampilkan pada Festival I Look Boalemo, Jumat (11/2/2022).

“Yang kami harapkan adalah agar Kabupaten Boalemo menjadi tujuan wisata berskala regional, nasional, dan internasional. Kami berusaha menjadikan kekayaan adat dan budaya sebagai daya tarik wisatawan ke Boalemo,” ungkap Fathlina.

Pertemuan antara Gorontalo dengan pemerintah di Sulut dan Sulteng pada festival ini juga dianggap strategis, terlebih adanya rencana pemindahan Ibu Kota RI di Kalimantan Timur. Karena nantinya ada peluang sekaligus tantangan untuk memenuhi kebutuhan Ibu Kota Negara baru ke depan.

Adapun festival yang digelar sejak 11 Februari hingga 13 Februari 2022 itu dimeriahkan dengan karnaval, marching band, serta sejumlah atraksi budaya dan penampilan sejumlah tarian Gorontalo. (wan)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved