Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-322: Ratusan Tentara Zelensky Berlatih Gunakan Patriot di AS

Update perang Rusia hari ke-322, Rabu (11/1/2023): Ratusan tentara Presiden Ukraina Volodymr Zelensky berlatih rudal pertahanan Patriot di AS.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Twitter @POTUS
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menemui Presiden AS Joe Biden di Washington, DC pada Rabu (21/12/2022). Update Perang Rusia vs Ukraina hari ke-322 pada Rabu (11/1/2023): ratusan tentara Ukraina dikirim ke AS untuk berlatih menggunakan rudal pertahanan Patriot. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Pasukan militer Ukraina akan berlatih untuk menggunakan sistem pertahanan rudal Patriot di Amerika Serikat (AS) dalam upaya untuk menghalau serangan Rusia.

Dilansir TribunGorontalo.com dari AlJazeera pada Rabu (11/1/2023) atau hari ke-322 perang Rusia, sekitar 100 tentara Ukraina akan menuju ke AS segera setelah minggu depan untuk memulai pelatihan sistem pertahanan rudal Patriot.

Hal itu membuat Ukraina semakin dekat untuk mendapatkan perlindungan yang telah lama didambakan terhadap serangan rudal Rusia dalam perang yang berlangsung sejak 24 Februari 2022.

Ukraina telah meminta agar AS menyediakan sistem pertahanan peluru kendali permukaan-ke-udara Patriot selama berbulan-bulan karena dapat menargetkan pesawat terbang, rudal jelajah, dan rudal balistik jarak pendek.

Baca juga: Tak Terima Ukraina Dapat Sistem Pertahanan Canggih AS, Rusia Sebut Rudal Patriot Jadi Target Sah

Selama kunjungan akhir Desember 2022 ke AS, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan baterai akan membuat perbedaan yang signifikan dalam memperkuat pertahanan Kyiv melawan invasi Rusia.

Terlebih selama kunjungan Zelensky ke Washington itu, Presiden AS Joe Biden mengumumkan 1,85 miliar dolar dalam paket bantuan militer baru ke Ukraina, termasuk pengiriman sistem baterai rudal Patriot.

Jumlah orang Ukraina yang datang ke Fort Sill di negara bagian Oklahoma kira-kira sama dengan jumlah yang dibutuhkan untuk mengoperasikan satu baterai.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-294: AS Rampungkan Rencana Pengiriman Rudal Patriot ke Kyiv

Mereka juga akan belajar merawat baterai Patriot, kata Juru Bicara Pentagon Jenderal Angkatan Udara Pat Ryder pada Selasa (10/1/2023).

Keputusan Ukraina untuk mengeluarkan pasukan dari medan perang untuk berlatih melintasi Atlantik di AS tidak biasa.

Meskipun Kyiv telah mengirim pasukan untuk pelatihan jangka pendek di pangkalan Eropa untuk sistem lain yang lebih kompleks yang telah diterimanya, seperti High Mobility jarak jauh, Sistem Roket Artileri.

Baca juga: Rusia Peringatkan NATO agar Tak Kirim Senjata AS Patriot ke Ukraina, Apa Itu Patriot?

Pelatihan Patriot biasanya dapat memakan waktu beberapa bulan.

Namun semakin lama pasukan itu keluar jalur, mereka tidak benar-benar terlibat dalam pertempuran, kata Ryder, sehingga pelatihan akan dipersingkat.

AS menjanjikan satu baterai Patriot pada bulan Desember 2022 lalu, sebagai bagian dari salah satu dari beberapa paket bantuan militer besar yang telah diberikannya kepada Ukraina dalam beberapa minggu terakhir.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-321: Pasukan Zelensky Perkuat Pertahanan di Wilayah Timur

Untuk diketahui, pekan lalu Jerman menjanjikan baterai Patriot tambahan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved