Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-321: Pasukan Zelensky Perkuat Pertahanan di Wilayah Timur

Update perang hari ke-321, Selasa (10/1/2023): Digempur Rusia terus-terusan, pasukan militer Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky perkuat pertahanan.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Layanan Pers Kepresidenan Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat di Kota Mykolaiv pada 18 Juni 2022. Update perang Rusia vs Ukraina hari ke-321 pada Selasa (10/1/2023): Ukraina meningkatkan pertahanan di wilayah timur negaranya di tengah serangan Rusia yang tiada henti. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Ukraina meningkatkan pertahanan di wilayah timur negaranya saat serangan Rusia yang tiada henti terus berlanjut dalam perang yang terjadi hampir setahun ini.

Dilansir TribunGorontalo.com dari AlJazeera pada Selasa (10/1/2023) atau hari ke-321 perang Rusia vs Ukraina, Kyiv mengatakan sedang memperkuat pasukannya di sekitar Bakhmut di wilayah Donbas timur, Ukraina.

Ukraina juga menyatakan bahwa pasukannya menangkis serangan terus-menerus di Kota Bakhmut oleh kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner.

Kyiv pun telah mengirim bala bantuan ke Soledar, sebuah kota kecil dekat Bakhmut di mana situasinya sangat sulit, kata pejabat Ukraina pada Senin (9/1/2023).

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-319: Zelensky Puji AS Bantu Miliar Dolar

“Musuh kembali melakukan upaya putus asa untuk menyerbu kota Soledar dari arah yang berbeda dan melemparkan unit paling profesional Wagnerites ke dalam pertempuran,” kata militer Ukraina dalam sebuah pernyataan.

Yevgeny Prigozhin sang Pendiri Wagner telah mencoba menguasai Kota Bakhmut dan Soledar selama berbulan-bulan dengan mengorbankan banyak nyawa di kedua sisi.

Dia mengatakan pada Sabtu (7/1/2023) bahwa signifikansinya terletak pada jaringan tambang di sana.

“Itu tidak hanya [memiliki kemampuan untuk menampung] sekelompok besar orang di kedalaman 80 hingga 100 meter, tetapi tank dan kendaraan tempur infanteri juga dapat bergerak,” kata Prigozhin.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-318: AS Beri Sanksi Iran gegara Ikut Bantu Invasi Putin

Analis militer mengatakan manfaat militer strategis untuk Moskow akan terbatas.

Seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan Prigozhin, sekutu kuat Presiden Rusia Vladimir Putin, menginginkan garam dan gipsum dari tambang.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato video malamnya pada Minggu (8/1/2023) bahwa Bakhmut dan Soledar bertahan meskipun terjadi kehancuran yang meluas setelah perang yang dimulai Putin sejak 24 Februari 2022 lalu.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-317: Ini yang Bikin Putin Tiba-tiba Ingin Gencatan Senjata

“Tentara kami menolak upaya Rusia yang terus-menerus untuk maju,” kata Zelensky.

Zelensky juga menambahkan bahwa di Soledar, "semuanya sangat sulit".

Adapun pada hari Minggu, Rusia mengatakan serangan rudal di Kramatorsk telah menewaskan 600 tentara Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-316: Putin Kerahkan Kapal yang Dipersenjatai Rudal Hipersonik

Di sis lain Ukraina membantah ada korban jiwa dalam serangan itu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved