Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-317: Curiga Hanya Kedok, Zelensky Tolak Gencatan Senjata Putin

Kondisi terkini perang, Jumat (6/1/2023): Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tolak gencatan senjata Presiden Rusia Vladimir Putin saat Natal Ortodoks

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Tangkapan Layar The Guardian
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat pidato kenegaraan pada Senin (14/3/2022). Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-317 pada Jumat (6/1/2023) adalah Zelensky menolak usulan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk gencatan senjata selama perayaan Natal Ortodoks. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang yang terjadi di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Jumat (6/1/2023) terhitung telah berlangsung 317 hari lamanya.

Kabar terbaru dalam perang adalah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menolak gencatan senjata yang diusulkan Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasinya ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Invasi ini juga disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-316: Biden Berniat Kirim Kendaraan Tempur Bradley untuk Kyiv

Namun dalam perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina sekaligus yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

Konflik antar negara bertetangga itu, sampai saat ini terus berlanjut dan belum tampak tanda-tanda untuk segera berakhir.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-317 perang Rusia dengan Ukraina:

- Zelensky telah menolak perintah Rusia untuk gencatan senjata atas Natal Ortodoks.

Zelensky mengatakan bahwa hal itu adalah tipuan untuk menghentikan kemajuan pasukan Ukraina di wilayah Donbas timur dan membawa lebih banyak pasukan mereka sendiri.

Berbicara dengan tegas dalam bahasa Rusia pada Kamis (5/1/2023), Zelenskiy mengatakan bahwa Moskow telah berulang kali mengabaikan rencana perdamaian Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-315: Sebanyak 89 Tentara Putin Tewas Akibat Serangan di Makiivka

- Putin menginstruksikan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, untuk memperkenalkan gencatan senjata 36 jam di sepanjang garis kontak di Ukraina dari siang hari Jumat hingga tengah malam pada 7 Januari, kata Kremlin.

Pasukan Rusia harus menahan tembakan selama 36 jam untuk memungkinkan orang "di daerah permusuhan" merayakan Natal Ortodoks, kata Putin.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-314: Kyiv Akui Serangan di Makiivka yang Tewaskan Pasukan Putin

- Perang akan berakhir, kata Zelensky, ketika pasukan Rusia meninggalkan Ukraina atau diusir.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved