Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-315: Sebanyak 89 Tentara Putin Tewas Akibat Serangan di Makiivka

Kondisi terkini perang, Rabu (4/1/2023): Rusia klaim bahwa 89 tentaranya tewas akibat serangan Ukraina di Kota Makiivka, wilayah Donetsk.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Tangkapan Layar The Guardian
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin, 9 Mei 2022. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-315 pada Rabu (4/1/2023) antara lain Rusia mengatakan bahwa sejumlah 89 prajurit militer Putin tewas akibat serangan Ukraina di Kota Makiivka di wilayah Donetsk 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang yang terjadi di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Rabu (4/1/2023) terhitung telah berlangsung 315 hari lamanya.

Kabar terbaru dalam perang adalah Rusia mengatakan sejumlah 89 tentaranya tewas akibat serangan Ukraina di Kota Makiivka.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasi ini dengan memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina sejak Kamis (24/2/2022).

Invasi yang disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' ini memiliki tujuan untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-314: Kyiv Akui Serangan di Makiivka yang Tewaskan Pasukan Putin

Namun seiring perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina sekaligus yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

Konflik antar negara bertetangga itu, sampai saat ini masih berlanjut dan belum tampak akan segera berakhir.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-315 perang Rusia dengan Ukraina:

- Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa sebanyak 89 prajurit tewas dalam serangan Ukraina di Kota Makiivka, wilayah Donetsk yang dikuasai pasukan Moskow.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-313: Ibu Kota Kyiv Diserang hingga 45 Drone Iran Dilumpuhkan

Dikatakan alasan utama serangan itu adalah penggunaan ponsel yang tidak sah oleh pasukan.

Rusia sebelumnya mengatakan bahwa sejumlah 63 tentaranya tewas dalam serangan di Kota Makiivka, Ukraina tepat setelah tengah malam pada Hari Tahun Baru.

- Serangan Ukraina di Kota Makiivka menghasilkan "kritik signifikan terhadap kepemimpinan militer Rusia", menurut sebuah laporan dari Institute for the Study of War (ISW).

Beberapa blogger dan komentator pro-perang Rusia terkemuka mengakui serangan itu, dengan banyak yang menyatakan jumlah korban lebih tinggi daripada angka yang dilaporkan secara resmi.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-311: Zelensky Klaim Pasukannya Buat Kemajuan Kecil di Donbas

- Staf umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan hingga 10 unit peralatan militer Rusia dari berbagai jenis di Makiivka yang diduduki rusak atau hancur.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved