Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-285: AS Menilai Putin Sudah Lebih Tahu Kesulitan Pasukannya

Kondisi terkini perang, Senin (5/12/2022): AS menilai Vladimir Putin kini sudah lebih tahu tentang kondisi kesulitan pasukan Rusia di Ukraina.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Tangkapan Layar The Guardian
Foto Presiden Rusia Vladimir Putin saat memberikan pidato dalam rangka perayaan Hari Kemenangan 'Victory Day' pada Senin, 9 Mei 2022. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-285 pada Senin (5/12/2022) antara lain intelijen Amerika Serikat menilai bahwa Putin kini lebih tahu tentang kondisi kesulitan yang dihadapi pasukannya di medan pertempuran di Ukraina. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang yang terjadi di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Senin (5/12/2022) telah berlangsung selama 285 hari.

Kabar terbaru di antaranya adalah intelijen Amerika Serikat menyebut bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin kini lebih tahu tentang kesulitan yang dihadapi pasukannya di medan perang Ukraina.

Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Invasi ini juga disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-283: Kremlin Ungkap Alasan Putin Ogah Berunding dengan Biden

Tetapi dalam perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson sekaligus.

Konflik antara dua negara bertetangga tersebut, sampai saat ini masih berlangsung dan belum terlihat akan segera berakhir.

Bahkan menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, perang Rusia vs Ukraina dapat berlanjut hingga beberapa tahun.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-285 perang Rusia dengan Ukraina:

- Putin sekarang "lebih tahu" tentang kesulitan yang dihadapi pasukannya di Ukraina, kata Direktur Intelijen Nasional AS Avril Haines.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-282: Biden Siap Bicara dengan Putin jika Mau Akhiri Invasi

Berbicara selama forum pertahanan pada akhir pekan, Haines mengindikasikan bahwa Putin tidak lagi terisolasi dari berita buruk yang muncul dari invasinya ke Ukraina.

Menyinggung penilaian sebelumnya bahwa penasihat Putin dapat melindunginya, Haines mengatakan dia "menjadi lebih tahu tentang tantangan yang dihadapi militer".

- AS mengharapkan "tempo yang dikurangi" dalam pertempuran terus berlanjut selama bulan-bulan musim dingin.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-281: Kyiv Klaim Bunuh 500 Pasukan Putin dalam Sehari

AS menambahkan bahwa mungkin ada prospek yang lebih cerah bagi pasukan Ukraina dalam beberapa bulan mendatang.

“Sebagian besar pertempuran saat ini di sekitar Bakhmut dan wilayah Donetsk telah melambat dengan mundurnya Rusia dari wilayah Kherson barat ke timur sungai." kata Haines.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved