Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-282: Biden Siap Bicara dengan Putin jika Mau Akhiri Invasi

Kondisi terkini perang Rusia, Jumat (2/12/2022): Presiden AS Joe Biden siap bicara dengan Vladimir Putin jika mau akhiri invasi di Ukraina.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Kolase Capture The Guardian
Kolase Presiden Amerika Serikat Joe Biden (Kanan) saat menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin (Kiri) sebagai penjahat perang karena invasi di Ukraina beberapa waktu lalu. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina pada hari ke-282 pada Jumat (2/12/2022): Biden mengatakan dia siap berbicara dengan Putin jika Presiden Rusia itu bersedia untuk mengakhiri invasi di Ukraina. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang yang terjadi di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Jumat (2/12/2022) telah berlangsung selama 282 hari.

Kabar terbaru di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan dia siap berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin jika bersedia mengakhiri perang di Ukraina.

Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Invasi yang disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' tersebut bertujuan untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Krisis Energi, Ukraina Minta Bantuan Eropa untuk Perbaikan Jaringan Listrik yang Dirusak Rusia

Tetapi dalam perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson sekaligus.

Konflik antara negara bertetangga tersebut, sampai saat ini masih terus berlanjut dan belum tampak akan segera berakhir.

Bahkan menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, perang Rusia vs Ukraina dapat hingga beberapa tahun.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-282 perang Rusia dengan Ukraina:

- Biden dan Presiden Prancis Emmanuel Macron menyampaikan front persatuan di Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-281: Kyiv Klaim Bunuh 500 Pasukan Putin dalam Sehari

Biden mengatakan dia akan berbicara Putin jika dia bersedia untuk mengakhiri perang dan hanya berkonsultasi dengan sekutu NATO.

“Saya siap untuk berbicara dengan Tuan Putin jika memang ada kepentingan dalam dirinya memutuskan dia sedang mencari cara untuk mengakhiri perang. Dia belum melakukannya,” kata Biden dalam konferensi pers di Gedung Putih bersama Macron pada Kamis (1/12/2022).

Macron mengatakan dia akan terus berbicara dengan Putin untuk "mencoba mencegah eskalasi dan untuk mendapatkan beberapa hasil yang sangat nyata" seperti keamanan pembangkit nuklir.

Baca juga: Rusia Peringatkan NATO agar Tak Kirim Senjata AS Patriot ke Ukraina, Apa Itu Patriot?

- Biden dan Macron berjanji untuk meminta pertanggungjawaban Rusia atas "kekejaman dan kejahatan perang yang terdokumentasi secara luas" di Ukraina.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved