Arti Kata

Inggris Kirimkan Brimstone 2 untuk Bantu Ukraina Lawan Rusia, Apa Itu Brimstone 2?

Inggris telah mengirimkan amunisi militer berupa rudal Brimstone 2 ke Ukraina untuk bantu lawan perang Rusia, apa itu Brimstone 2?

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Twitter @DefenceHQ
Ilustrasi rudal Brimstone 2 yang dibawa jet tempur. Kemeterian Pertahanan Inggris mengirimkan rudal Brimstone 2 untuk membantu pasukan militer Ukraina melawan invasi Rusia. Apa Itu Brimstone 2? 

TRIBUNGORONTALO.COM - Inggris kembali mengirimkan persenjataan militer ke Ukraina dalam rangka membantu melawan invasi pasukan Rusia.

Pada Minggu (27/11/2022) atau hari ke-277 perang Rusia, Kementerian Pertahanan Inggris mengumumkan bahwa pihaknya telah mengirimkan peluru kendali (rudal) Brimstone 2 ke Ukraina.

Apa Itu Brimstone?

Brimstone adalah rudal berpemandu presisi yang awalnya dirancang untuk digunakan dari pesawat untuk serangan udara ke darat.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-278: Zelensky Sebut Pasukan Putin Rencanakan Serangan Rudal Baru

Menurut Kemhan Inggris, pasukan darat Ukraina berhasil menggunakan rudal Brimstone untuk menyerang target seperti kendaraan lapis baja dan tank.

Adapun Brimstone 2 ialah salah satu varian dari Brimstone.

Terdapat beberapa varian Brimstone yakni Single mode, Dual mode sensor, Brimstone 2, hingga Brimstone 3.

Dilansir TribunGorontalo.com dari wikipedia, Brimstone dikembangkan oleh MBDA UK untuk Angkatan Udara Kerajaan Inggris.

Baca juga: Apa Itu NASAMS? Bantuan dari AS yang Selama ini Diinginkan Ukraina untuk Halau Serangan Rusia

Brimstone awalnya dimaksudkan untuk penggunaan "tembak-dan-lupakan" melawan formasi massal baju besi musuh, menggunakan pencari pelacak radar aktif gelombang milimeter (mmW) untuk memastikan akurasi bahkan terhadap target yang bergerak.

Ilustrasi Brimstone 2 yang dikirimkan Kemeterian Pertahanan Inggris untuk bantu pasukan militer Ukraina lawan invasi Rusia.
Ilustrasi rudal Brimstone 2 yang dikirimkan Kemeterian Pertahanan Inggris untuk bantu pasukan militer Ukraina lawan invasi Rusia. (Twitter @DefenceHQ)

Rudal itu awalnya seharusnya merupakan evolusi dari rudal AGM-114 Hellfire berpemandu laser asli, dengan pencari laser digantikan oleh pencari gelombang milimeter (mmW).

Selama pengembangan, hampir seluruh rudal dirancang ulang, menghasilkan senjata yang selain bentuk luarnya, tidak ada hubungannya dengan aslinya.

Baca juga: Rusia Pasang Gigi Naga untuk Perlambat Kemajuan Militer Ukraina, Apa Itu Gigi Naga?

Ini tidak terkait dengan pengembangan terpisah dari mmW Hellfire untuk helikopter serang Apache Longbow.

Brimstone memiliki hulu ledak muatan berbentuk tandem seberat 6,3 kg (14 lb) menggunakan muatan awal yang lebih kecil sekitar 100 g (0,22 lb), yang dirancang untuk memulai lapis baja reaktif.

Diikuti dengan muatan 6,2 kg (14 lb) yang lebih besar dan lebih merusak, dirancang untuk menembus dan mengalahkan armor dasar.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved