Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-278: Zelensky Sebut Pasukan Putin Rencanakan Serangan Rudal Baru

Kondisi terkini perang, Senin (28/11/2022): Volodymyr Zelensky sebut pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin rencanakan serangan rudal baru ke Ukraina.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Tangkapan Layar The Guardian
Foto Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat pidato kenegaraan pada Senin (14/3/2022) atau hari ke-19 perang Rusia Vs Ukraina. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-278 pada Senin (28/11/2022) antara lain adalah Zelensky mengatakan bahwa pasukan militer Presiden Rusia Vladimir Putin tengah merencanakan serangan rudal baru ke Ukraina. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang yang terjadi di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Senin (28/11/2022) telah berlangsung selama 278 hari.

Kabar terbaru di antaranya adalah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan militer Rusia sedang merencanakan serangan rudal baru ke negaranya.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Invasi ini juga disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' dengan tujuan untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Vladimir Putin Bertemu dengan Para Ibu Tentara Rusia yang Perang Ke Ukraina, Apa Tujuannya?

Tetapi dalam perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson sekaligus.

Konflik antar negara bertetangga tersebut, sampai saat ini masih berlanjut dan belum terlihat akan segera berakhir.

Bahkan menurut Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, perang Rusia vs Ukraina bisa berlangsung hingga beberapa tahun.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-276: Zelensky Sebut 6 Juta Rumah Tangga Bertahan Tanpa Listrik

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-278 perang Rusia dengan Ukraina:

- Ada tanda-tanda bahwa pasukan Rusia mungkin bersiap untuk meninggalkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang diduduki.

Baca juga: Update Perang Rusia Hari Ke-275: 15.000 Orang Ukraina Hilang hingga Upaya Kyiv Pulihkan Listrik

Hal itu disampaikan oleh Petro Kotin, Kepala Energoatom perusahaan energi nuklir milik negara Ukraina.

"Dalam beberapa minggu terakhir kami secara efektif menerima informasi bahwa tanda-tanda telah muncul bahwa mereka mungkin bersiap untuk meninggalkan (pabrik)," kata Kotin pada Minggu (27/11/2022).

“Orang mendapat kesan bahwa mereka mengemasi tas mereka dan mencuri semua yang mereka bisa,” tambahnya.

Diketahui bahwa pasukan Rusia merebut PLTN terbesar di Eropa itu pada bulan Maret 2022 lalu.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-275: Diserang Pasukan Putin, Seluruh PLTN Ukraina Terputus

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved