Capres 2024

Peluang Koalisi PDIP, Gerindra, PKB Usung Puan Maharani-Prabowo: Ini Survei Litbang Kompas

Koalisi partai politik masih dapat berubah. Yang ramai belakangan ini soal koalisi PDIP, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Prabowo Subianto bersama kader PDIP (kiri). Puan Maharani ziarah bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ke makam Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022). Koalisi partai politik masih dapat berubah. Yang ramai belakangan ini soal koalisi PDIP, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Koalisi partai politik masih dapat berubah. Yang ramai belakangan ini soal koalisi PDIP, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pasca pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, duet Puan Maharani-Prabowo Subianto atau sebaliknya kembali mencuat.

Survei Litbang Kompas mendapati 62,4 persen responden yakin koalisi parpol saat ini sangat berpeluang berubah.

Perlu diketahui, koalisi parpol telah membentuk 4 poros untuk pilpres 2024. Pertama, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang didukung Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selanjutnya, PDIP yang bisa mengusung calon presiden dan calon wakil presiden sendiri. Puan Maharani paling diunggulkan capres.

Kemudian Gerindra dan PKB yang jagokan Prabowo. Terakhir Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Anies Baswedan sebagai figur yang digadang menjadi capres.

Dari jajak pendapat Litbang Kompas, mereka meyakini, komitmen dari parpol yang terjalin hingga kini belum bisa menjamin gambaran koalisi yang sesungguhnya untuk tahun 2024.

Adapun pengumpulan pendapat dilakukan Litbang Kompas pada tanggal 6-8 September 2022, dengan jumlah responden sebanyak 504 responden dari 34 provinsi diwawancara melalui sambungan telepon.

"Separuh lebih responden, 62,4 persen, menyatakan apa yang dijalin di tataran elite partai politik saat ini berpeluang berubah. Sikap ini menegaskan, publik melihat peta politik masih sangat cair," kata Peneliti Litbang Kompas, Yohan Wahyu, dikutip dari Harian Kompas, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Pilpres 2024: Relawan Puan Maharani Segera Deklarasi di 13 Provinsi

Jajak pendapat Litbang Kompas kali ini juga menemukan fakta lain, yaitu 65,2 persen responden meyakini koalisi yang saat ini berada dalam kursi pemerintahan akan berubah pada pemilu 2024.

Sementara sebanyak 22,2 persen responden meyakini koalisi tetap sama, dan 12,6 persen lainnya menjawab tidak tahu.

Setidaknya sampai saat ini, ada dua komitmen koalisi yang sudah dibangun elit parpol. Pada 4 Juni 2022, terbentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP.

Ketua DPP PDI-P Puan Maharani ziarah bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ke makam Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022).

Kemudian, pada 13 Agustus 2022, komitmen koalisi juga terbentuk antara Gerindra dan PKB dengan menandatangani piagam deklarasi koalisi oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved