Penjabat Bupati Boalemo 2022

Dosen UBM Gorontalo Ikram Muhammad Titipkan Tiga Poin untuk Pj Bupati Boalemo

Penjabat Bupati Boalemo yang akan melanjutkan pemerintahan pasca berakhirnya periode jabatan Bupati Anas Jusuf pada 22 Mei 2022.

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Ronald Rampi
Akademisi Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Dr Ikram Muhammad. 

Laporan Ronald Rampi, wartawan TribunGorontalo.com dari Tilamuta, Boalemo

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Penjabat Bupati Boalemo yang akan melanjutkan pemerintahan pasca berakhirnya periode jabatan Bupati Anas Jusuf pada 22 Mei 2022, diharapkan dapat melakukan pembangunan dan perbaikan dalam rentang waktu kurang lebih 2 tahun.

Hal ini diungkapkan akademisi Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo, Dr Ikram Muhammad ketika berbincang dengan TribunGorontalo.com pada Jumat (20/5/2022) malam.

Pakar kebijakan publik ini mengungkapkan, dua tahun merupakan waktu yang relatif singkat bagi penyelenggaraan pemerintahan. Sehingganya, perlu menciptakan sebuah ekspektasi yang sesuai dengan masa waktu kepemimpinan.

"Dalam konteks ini, pembangunan dan perbaikan adalah yang dimungkinkan untuk di tunaikan dan diselesaikan dalam rentang waktu kurang lebih 2 tahun tersebut," ungkap Ikram.

Menurutnya, ada beberapa agenda mendesak yang patut menjadi perhatian Pj Bupati Boalemo nantinya. Pertama, tentang reformasi birokrasi pemerintah yang berorientasi pada kinerja dan pelayanan publik.

"Selama ini birokrasi pemerintah daerah di bawah kepemimpinan tokoh politik cenderung berorientasi pada ABS (asal bapak senang), mengabaikan aspek kinerja dan perbaikan pelayanan publik," terangnya.

Ikram menjelaskan, birokrasi pemerintah merupakan instrumen negara dalam melayani warganya. Gagalnya birokrasi pemerintah, adalah gagalnya negara.

"Kita harapkan dengan Pj Bupati yang berasal dari pemerintah bisa konsen menata kembali birokrasi pemerintah, dari aspek kelembagaan, manajemen, SDM maupun pelayanan publik yang berkinerja dan melayani dalam rentang waktu 2 tahun kedepan," harapnya.

Selanjutnya, hal kedua yang patut untuk diperhatikan oleh Pj Bupati adalah aspek pembangunan. Ikram mengakui, 2 tahun merupakan waktu yang sangat singkat untuk melakukan terobosan-terobosan luar biasa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved