Rusia Jatuhkan Bom Fosfor, Wali Kota: Neraka Telah Datang ke Mariupol

Wakil Dewan Kota Mariupol, Ukraina, Petro Andriushchenko mengabarkan bagaimana kondisi terbaru di pabrik baja Azovstal.

Editor: lodie tombeg
tribunnews
Asap mengepul dari halaman pabrik baja Azovstal di kota Mariupol pada 29 April 2022 -- Rusia telah menjatuhkan bom fosfor di Azovstal sebagai tanggapan atas kemenangan Ukraina dalam Kontes Lagu Eurovision (ESC). 

TRIBUNGORONTALO.COM - Wakil Dewan Kota Mariupol, Ukraina, Petro Andriushchenko mengabarkan bagaimana kondisi terbaru di pabrik baja Azovstal melalui aplikasi perpesanan Telegram, Minggu (15/5/2022).

Andriushchenko mengatakan Rusia telah menjatuhkan bom fosfor di Azovstal sebagai tanggapan atas kemenangan Ukraina dalam Kontes Lagu Eurovision (ESC).

Dia menggambarkan serangan itu sebagai neraka yang telah datang ke Azovstal.

"Neraka telah datang ke bumi. Ke Azovstal," kata Andriushchenko seperti dikutip Al Jazeera.
Andriushchenko mengunggah video tentang serangan itu, di mana tembakan artileri juga terlihat.

Video itu tidak dapat diverifikasi secara independen.

Adapun bom fosfor adalah bom pembakar yang menyala saat kontak dengan oksigen dan menyebabkan kerusakan yang menghancurkan.

Penggunaannya dilarang di bawah hukum internasional di daerah berpenduduk.

NATO Tak akan Tunda Ekspansi

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan dia tidak mengharapkan aksesi Finlandia dan Swedia ke aliansi pertahanan tertunda oleh keberatan Turki.

Turki telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin memblokir aksesi, kata Stoltenberg pada akhir pertemuan para menteri luar negeri NATO di Berlin.

"Saya yakin bahwa kami akan dapat mengatasi kekhawatiran yang telah diungkapkan Turki dengan cara yang tidak menunda keanggotaan atau proses aksesi," kata Stoltenberg.

Pembicaraan Finlandia dengan Rusia

Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan pembicaraan terakhirnya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang tawaran negaranya untuk bergabung dengan NATO terukur dan tidak mengandung ancaman apapun.

"Dia menegaskan bahwa dia pikir itu sebuah kesalahan. Kami tidak mengancam Anda. Secara keseluruhan, diskusinya sangat, bisa saya katakan, tenang dan sejuk," kata Niinisto.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved