Gorontalo Kemarin

Gorontalo Kemarin: Film Pendek untuk Hari Patriotik Gorontalo dan Kreasi Sampah oleh TPA Talumelito

Puluhan artikel dipublikasi pada Minggu (22/1/2023) kemarin, namun hanya lima artikel di bawah ini kami sajikan kembali.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Tangkapan layar film pendek 23 Januari oleh HPMIG Yogyakarta dalam menyambut Hari Patriotik Gorontalo. 

Puluhan artikel dipublikasi pada Minggu (22/1/2023) kemarin, namun hanya lima artikel di bawah ini kami sajikan kembali. Masih relevan dibaca hari ini, Senin (23/1/2023), apalagi menempati Top News dalam 24 jam terakhir.

Sambut Hari Patriotik Gorontalo, HPMIG Yogyakarta Buat Film Pendek 23 Januari

Tangkapan layar film pendek 23 Januari oleh HPMIG Yogyakarta dalam menyambut Hari Patriotik Gorontalo.
Tangkapan layar film pendek 23 Januari oleh HPMIG Yogyakarta dalam menyambut Hari Patriotik Gorontalo.(TribunGorontalo.com)

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Menyambut Hari Patriotik Gorontalo, HPMIG Yogyakarta membuat film pendek terkait momentum 23 Januari.

Diketahui, Hari Patriotik Gorontalo diperingati setiap 23 Januari. Ini merupakan momen bersejarah bagi rakyat Gorontalo dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 

Proklamasi ini dilakukan tiga tahun lebih dulu dari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jakarta tahun 1945 oleh Soekarno dan Moh. Hatta.

Sebagai warga Gorontalo yang menimba ilmu di tanah rantau, HPMIG Yogyakarta membuat film pendek terkait hari proklamasi milik Gorontalo tersebut.

Ketua HPMIG Yogyakarta Aldy Ardiansyah Lamusu mengatakan, pembuatan film pendek ini untuk mengenalkan kepada muda mudi yang belum mengenal sejarah maupun budaya Gorontalo.


Baca Selengkapnya

Dinas PU Provinsi Gorontalo Ubah Sampah Jadi Kreasi Bernilai Ekonomis

Hasil olahan sampah yang dirubah menjadi karya seni oleh Dinas PU Provinsi Gorontalo UPTD TPA Talumelito.
Hasil olahan sampah yang dirubah menjadi karya seni oleh Dinas PU Provinsi Gorontalo UPTD TPA Talumelito.(TribunGorontalo.com/Risman Taharuddin)

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Gorontalo merubah sampah menjadi kreasi hingga bernilai ekonomis.

Sampah plastik misalnya, yang berada di UPTD TPA Talumelito tidak hanya di pilah dan di angkut begitu saja, melainkan sampah itu disulap menjadi berbagai karya seni yang memiliki nilai.

Seperti halnya tempat tisu, hiasan dinding, wadah permen dan tempat mineral dan lainnya.

Marten Jusuf Kepala UPTD Regional Talumelito Gorontalo mengatakan, TPA memiliki program pengolahan sampah organik maupun non organik.

“Di TPA, kami memiliki personal pengrajin yang mengelolah sampah dari bahan plastik menjadi kerajinan, khususnya sampah bekas berbahan pelastik,” tuturnya.


Baca Selengkapnya

Rayakan Imlek Gorontalo di Kelenteng Hong San Bio, Bisa Menikmati Sunset dan Healing

Gambaran tiga dimensi Kelenteng Hong San Bio. Panitia berencana merenovasi kelenteng dengan model seperti ini.
Gambaran tiga dimensi Kelenteng Hong San Bio. Panitia berencana merenovasi kelenteng dengan model seperti ini.(Doc istimewa Kelenteng Hong San Bio)

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Selain Kelenteng Tridharma Tulus Harapan Kita atau Thian Hou Kiong, Gorontalo juga memiliki Kelenteng bernama Kelenteng Hong San Bio/Feng Shan Miao.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved