Puan Maharani

Cerita Masuk Kabinet usai Menang Pemilu: Sinyal Puan Maharani Capres PDIP?

Ketua DPP PDIP Puan Maharani bercerita soal perjalanan kariernya sebagai politisi yang lolos ke legislatif kemudian banting stir ke eksekutif.

Editor: lodie tombeg
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 
Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra melakukan wawancara khusus dengan Ketua DPR RI Puan Maharani usai pertemuan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2023). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Ketua DPP PDIP Puan Maharani bercerita soal perjalanan kariernya sebagai politisi yang lolos ke legislatif kemudian banting stir ke eksekutif.

Kandidat capres PDIP ini mengatakan ketika dirinya diminta PDIP menjadi calon anggota legislatif (caleg) lalu mengunjungi daerah pemilihannya (dapil).

Namun, beberapa bulan setelah dilantik menjadi Anggota DPR, dirinya diminta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri masuk ke Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tapi kemudian di beberapa bulan setelah itu dilantik dulu jadi Anggota DPR, tapi satu bulan kemudian Ibu Ketua Umum bilang, 'kamu masuk saja di kabinet'. Ya sudah pindah," ujarnya.

Puan pun menyatakan siap apabila ditunjuk Megawati menjadi calon presiden (capres) di 2024.

"Ya sebagai kader, apapun penugasan tersebut saya siap," kata Puan saat sesi wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, di ruang Ketua DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2023).

"Padahal kan kalau dipikir saya sudah berjuang di Dapil saya untuk mendapatkan kursi dan suara, kan," sambung Puan.

Puan menuturkan jika dirinya mengaminkan permintaan Megawati hingga akhirnya dilantik Jokowi menjadi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Oh ya sudah, saat Pak Jokowi di lantik, 'kamu yang mewakili PDIP sebagai Menko'. Ya sudah saya pindah lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia meyakini bahwa dalam menentukan capres yang diusung PDIP Megawati melakukan pertimbangan matang.

"Saya meyakini apa yang menjadi pertimbangan ketua umum nanti adalah suatu pertimbangan yang terbaik, yang sudah dipersiapkan secara matang," ucap Puan.

Puan memastikan seluruh kader partai berlambang banteng moncong putih tersebut mengikuti instruksi Megawati.

"Tentu saja, bukan hanya saya, kita semua yang merasa PDIP mengikuti instruksi dan perintah dari ketua umum," imbuhnya.

Buka Ruang Komunikasi dengan Partai Lain

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved