Uni Eropa - G7 - Australia Batasi Harga Minyak Rusia untuk Hentikan Perang Ukraina

Negara-negara G7, Australia dan Uni Eropa telah menyepakati batas harga 60 dolar per barel untuk minyak mentah Rusia.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymir Zelensky. Negara-negara G7, Australia dan Uni Eropa telah menyepakati batas harga 60 dolar per barel untuk minyak mentah Rusia. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Negara-negara G7, Australia dan Uni Eropa telah menyepakati batas harga 60 dolar per barel untuk minyak mentah Rusia.

Ini sebagai bagian dari kampanye internasional untuk mengekang kemampuan Rusia membiayai perangnya melawan Ukraina melalui penjualan energi.

Uni Eropa menyetujui harga pada hari Jumat setelah Polandia memberikan dukungannya, membuka jalan untuk persetujuan resmi selama akhir pekan.

Pembatasan harga bertujuan untuk mengurangi kemampuan Rusia untuk membiayai perangnya di Ukraina dari penjualan minyak mentah secara internasional.

Otoritas G7 dan Australia mengatakan, dalam sebuah pernyataan batas harga akan berlaku pada 5 Desember 2022.

"Koalisi batas harga juga dapat mempertimbangkan tindakan lebih lanjut untuk memastikan efektivitas batas harga," bunyi pernyataan itu dikutip dari aljazeera.com.  Tidak ada perincian tentang tindakan lebih lanjut apa yang dapat diambil.

Batasan harga, ide G7, bertujuan untuk mengurangi pendapatan Rusia dari penjualan minyak sambil mencegah lonjakan harga minyak global setelah embargo UE terhadap minyak mentah Rusia mulai berlaku pada 5 Desember.

Polandia telah mendorong dalam negosiasi UE agar batas tersebut serendah mungkin untuk menekan pendapatan ke Rusia dan membatasi kemampuan Moskow untuk membiayai perang.

Duta Besar UE Polandia Andrzej Sados mengatakan kepada wartawan, negaranya telah mendukung kesepakatan UE, yang mencakup mekanisme untuk menjaga harga minyak setidaknya 5 persen di bawah harga pasar.

Pejabat AS mengatakan kesepakatan itu belum pernah terjadi sebelumnya dan menunjukkan tekad koalisi yang menentang perang Rusia di Ukraina.

Setelah serangkaian negosiasi di menit-menit terakhir pada Jumat, kepresidenan UE, yang saat ini dipegang oleh Republik Ceko, men-tweet bahwa "duta besar baru saja mencapai kesepakatan tentang batasan harga untuk #minyak lintas laut Rusia".

Mengapa Matasi Harga Minyak?

Pemberlakuan batas tersebut berarti negara peserta hanya akan diizinkan untuk membeli minyak dan produk minyak bumi yang diangkut melalui laut yang dijual pada atau di bawah batas harga.

Karena perusahaan pelayaran dan asuransi terpenting berbasis di negara-negara G7, batas harga akan membuat Rusia sangat sulit untuk menjual minyaknya dengan harga lebih tinggi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved