SBY Turun Gunung: Pilpres Memanas, Golkar-PDIP-PKB hingga KPU Bersuara

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 'turun gunung'. Eskalasi politik pilpres 2024 memanas.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Ilustrasi pemilu dan Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden ke-6 RI SBY 'turun gunung', eskalasi politik pilpres 2024 memanas. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 'turun gunung'. Eskalasi politik pilpres 2024 memanas.

Pengamat politik Rocky Gerung menilai statement SBY soal indikasi pemilu curang telah memancing elite politik terutama PDIP.

Rocky pun menganggap 'turun gunung' SBY tentu untuk mem-backup putra Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada kontestasi pilpres.

"Ucapan pak SBY telah memancing reaksi terutama dari PDIP. Ini membuat suasana semakin panas. Saya menilai wajar pak SBY turun gunung untuk mem-backup AHY," ujar Rocky pada wawancara dengan Hersubeno Arief di FFN Chanel bertema "SBY Turun Gunung, Jangan Ada Genderuwo Politik yang Baper", Sabtu (17/9/2022).

Respons elite parpol terhadap SBY. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin, meminta semua pihak tak berburuk sangka soal penyelenggaraan Pemilu 2024.

Nurul Arifin menilai, pernyataan SBY itu dilontarkan untuk mengingatkan semua pihak tetap waspada menjelang Pemilu 2024.

Baca juga: PDIP dan Demokrat Berbalas Pantun, Eskalasi Pilpres 2024 Memanas: Ini Kata Hasto ke SBY

"Namun sebaiknya kita tidak berburuk sangka, tapi turut mengedukasi pemilih untuk cerdas, menawarkan politik yang bersih, dan jujur,” kata Nurul saat dihubungi Kompas.com, Senin (19/9/2022).

Sebaliknya, Nurul Arifin mendorong agar semua partai politik (parpol) fokus memberikan edukasi soal figur calon presiden (capres) yang bakal diusung.

Di sisi lain, menurutnya, parpol tak boleh lupa menyalurkan semangat kebersamaan pada masyarakat untuk menghindari polarisasi.

“Komitmen untuk tidak terpolarisasi dalam politik sara itu malah hal yang penting,” ujar Nurul Arifin. Hal senada juga disampaikan Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved