Brigadir J

Banding Sidang KEPP Ditolak, Ferdy Sambo Akhirnya Resmi Dipecat Polri, Apa Konsekuensinya?

Ferdy Sambo sama sekali tak lagi mendapat hak-hak negara setelah upaya banding sidang KEPPnya ditolak dan resmi dipecat Polri imbas kasus Brigadir J.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Kolase YouTube Kompas TV
Eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo saat mengikuti sidang Kode Etik Profesi Polri (KEPP) pada Kamis (25/8/2022). Sidang KEPP ini digelar menyusul penetapan Ferdy Sambo menjadi tersangka pembunuhan berencana Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Terbaru, upaya banding Ferdy Sambo ditolak pimpinan sidang KEPP pada Senin (19/9/2022). Dengan begitu, Ferdy Sambo resmi dipecat dari Polri, begini konsekuensinya. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Prediksi terkait putusan banding sidang Kode Etik Profesi Polri (KEPP) terhadap eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo seakan benar.

Sebelumnya, sejumlah purnawirawan telah menduga bahwa upaya banding Ferdy Sambo dalam sidang KEPP akan ditolak.

Adapun dalam sidang KEPP terkait banding Ferdy Sambo pada Senin (19/9/2022), pimpinan sidang menolak memori banding eks Kadiv Propam Polri tersebut.

Dengan begitu, Ferdy Sambo akan tetap resmi dipecat dari Polri imbas menjadi tersangka kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J).

Baca juga: Lihat Polri Masih Takut, Kamaruddin Ungkap Ferdy Sambo Melobi Istana setelah Tembak Brigadir J

Mantan Kabareskrim Komjen (Purn) Ito Sumardi menjelaskan konsekuensi yang diterima Ferdy Sambo setelah diberi sanksi berupa pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) alias dipecat dari Polri.

Menurut Ito, pemecatan tersebut membuat Ferdy Sambo tidak bisa lagi mendapat hak-hak negara dari Polri.

"Jadi yang bersangkutan itu di-PTDH tidak memiliki hak sama sekali untuk mendapatkan hak-hak dari negara melalui Polri," ujar Ito, Senin, seperti dilansir TribunGorontalo.com dari kanal YouTube KOMPASTV.

Bahkan, lanjut Ito, Ferdy Sambo tak berhak lagi menyandang gelar sebagai mantan anggota Polri.

Baca juga: Sidang KEPP Ferdy Sambo Bakal Kembali Digelar, 2 Eks Kabareskrim Yakin Polri Tolak Banding

"Dan tidak boleh menyandang lagi gelar sebagai mantan anggota Polri pun tidak, jadi sebagai sipil," sambungnya.

Ito juga tak mengelak bahwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J yang diotaki Ferdy Sambo ini telah mencederai kehormatan dan harga diri Polri.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved