Arti Kata

Tanggapi Pesulap Merah dan Bantah Pakai Trik, Eyang Ratih Bertirakat saat Ritual, Apa Itu Tirakat?

Tanggapi polemik Marcel Radhival (Pesulap Merah) soal perdukunan, Eyang Ratih mengaku tak menggunakan trik tapi melakukan tirakat, apa itu Tirakat?

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Kolase YouTube STARPRO Indonesia | Instagram @marcelradhival1
Ahli Spiritual dan Supranatural Eyang Ratih (Kiri) memberikan tanggapannya terkait hebohnya aksi pembongkaran trik oknum dukun palsu yang membuat nama Marcel Radhival alias Pesulap Merah (Kanan) menjadi sorotan. Eyang Ratih mengaku tak menggunakan trik melainkan menjalankan prosesi tirakat sebagai ritual perdukunannya, apa itu Tirakat? 

TRIBUNGORONTALO.COM - Ahli Spiritual dan Supranatural Eyang Ratih turut menanggapi polemik aksi pembongkaran trik oknum dukun oleh Marcel Radhival alias Pesulap Merah.

Eyang Ratih mengakui bahwa ia termasuk dukun namun tak memakai trik seperti halnya yang dikatakan Pesulap Merah bahwa kebanyakan dukun menggunakan tipu muslihat kepada pasiennya.

Sebagai praktisi kejawen, Eyang Ratih menyebutkan bahwa ia melakukan puasa, Tirakat, hingga merapalkan mantra untuk ritualnya.

Apa Itu Tirakat?

Dilansir TribunGorontalo.com dari Wikipedia, dalam kamus bahasa Indonesia, Tirakat adalah menahan hawa nafsu dengan cara seperti berpuasa atau berpantang.

Baca juga: Apa Itu Ilmu Reiki? Pengobatan Alternatif dari Jepang yang Disebut Gagal Dipelajari Pesulap Merah

Dalam hal supranatural, tujuan Tirakat adalah mengasah.

Apabila diibaratkan, doa, mantra atau amalan merupakan sebuah pisau yang jika diasah setiap hari akan menjadi tajam saat digunakan.

Manfaat melakukan Tirakat antara lain mendapatkan ketenangan hidup, memohon kepada Tuhan untuk diberikan kemudahan dalam mencapai tujuan tertentu dan tingkatan hidup yang lebih baik.

Tirakat bisa juga dilakukan pada waktu khusus seperti saat orang menghadapi suatu tugas berat, mengalami krisis dalam keluarga, jabatan, atau dalam hubungan dengan orang lain.

Baca juga: Apa Itu Verstek? Putusan yang Diyakini Deolipa Yumara Jadi Tiket untuk Jadi Pengacara Bharada E Lagi

Selain itu, Tirakat dapat dilakukan sewaktu suatu masyarakat atau negara berada dalam suatu masa bahaya, terkena bencana alam, epidemi, dan sebagianya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved