Pilpres 2024

Peluang Puan Maharani-Jokowi Maju Pilpres 2024, Begini Kode Elite PDIP

Puan Maharani berpasangan dengan Joko Widodo berpeluang maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Baliho Puan Maharani di Sulawesi dan Jokowi. Puan Maharani berpasangan dengan Joko Widodo berpeluang maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Puan Maharani berpasangan dengan Joko Widodo berpeluang maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Spekulasi Puan Maharani-Jokowi mencuat ke publik setelah pernyataan elite PDIP yang memberikan lampu hijau bagi Jokowi maju calon wakil presiden.

Hitung-hitungannya PDIP makin mengerujut ke Puan Maharani sebagai capres. Posisi cawapres 'kosong', berpeluang diisi Jokowi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI-P Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul mengatakan, Jokowi bisa saja menjadi wapres pada tahun 2024. Namun, tetap saja ada syaratnya, misalnya harus diajukan oleh partai politik tempatnya bernaung.

Baca juga: KedaiKOPI Survei Capres Perempuan: Puan Maharani Kalahkan Megawati, Susi, Risma dan Sri Mulyani

"Kalau Pak Jokowi mau jadi wapres, ya sangat bisa. Tapi, syaratnya diajukan oleh parpol atau gabungan parpol," ujar Pacul saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022).

Pacul mengatakan, secara aturan, Jokowi diizinkan jika ingin maju sebagai cawapres. Namun, tergantung apakah Jokowi ingin menggunakan peluang tersebut atau tidak. Menurut dia, itu adalah keputusan dari Jokowi sendiri.

"Kalau Pak Jokowi, kita enggak tahulah maunya kayak apa," ucapnya. Sementara itu, Pacul menekankan bahwa siapa capres dan cawapres dari PDI-P yang maju akan diputuskan oleh Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI-P.

Jika PDI-P sudah membuat keputusan, kata Pacul, semua kader wajib mematuhinya. "Kalau masih merasa kader PDI-P, kader PDI-P harus disiplin organisasi. Putusan organisasi kita tegak lurus," imbuh Pacul.

Survei SMRC: PDI-P Berat Punya Presiden Lagi

Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menilai PDI-P akan sulit memiliki Presiden dari kadernya sendiri lagi jika mengusung Ketua DPP PDI-P Puan Maharani.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved