Capres 2024

Survei Tiga Kelompok Figur Capres: Puan Maharani, Prabowo dan Airlangga Paling Pasti

Puan Maharani, Prabowo dan Airlangga hampir dipastikan jadi peserta pilpres. Paling pasti Puan Maharani karena PDIP bisa mengusung sendiri capres.

Editor: lodie tombeg
tangkapan layar hasil survei Poltracking Indonesia
Daftar capres terkuat hasil survei Poltracking Indonesia. Puan Maharani, Prabowo dan Airlangga hampir dipastikan menjadi peserta Pilpres 2024. Paling pasti Puan Maharani karena PDIP bisa mengusung sendiri capres. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Figur calon presiden dipetakan dari kelompok kepala daerah, politisi dan nonpolitisi. Figur seperti Puan Maharani dari PDIP, Prabowo Subianto dari Partai Gerindra, Airlangga Hartarto dari Partai Golkar kans kuat maju capres.

Puan Maharani, Prabowo dan Airlangga hampir dipastikan menjadi peserta Pilpres 2024. Paling pasti Puan Maharani karena PDIP bisa mengusung sendiri capres.

Kemudian Airlangga dari telah membentuk koalisi Golkar, PAN dan PPP juga dapat mengusung pasangan capres dan cawapres. Selanjutnya Prabowo yang membangun koalisi dengan PKB.

Sedangkan kelompok dari kepala daerah seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih mencari dukungan parpol.

Baca juga: Survei ASI: Pemilih Lihat Rekam Jejak dan Usia, Peluang Puan Maharani, Sandiaga Uno dan AHY

Soal elektabilitas tokoh politisi, Puan Maharani dan Airlangga masih di bawah Prabowo. Namun tren positif elektabilitas Puan Maharani bersamaan muncul dukungan relawan dan kader PDIP daerah.

030922-survei
Daftar capres terkuat hasil survei Poltracking Indonesia. Puan Maharani, Prabowo dan Airlangga hampir dipastikan menjadi peserta Pilpres 2024. Paling pasti Puan Maharani karena PDIP bisa mengusung sendiri capres.

Poltracking Indonesia merilis hasil survei nama-nama calon presiden (capres) potensial pada Pemilu 2024 nanti. Nama-nama tersebut dipilih sesuai dengan hasil survei elektabilitas masing-masing. Berdasarkan hasil survei tersebut, tiga politikus di Indonesia memiliki nilai elektabilitas yang cukup tinggi, yakni hingga 2 digit.

Ganjar Pranowo berada di urutan pertama sebagai capres potensial dengan elektabilitas mencapai 26,6 persen. Disusul oleh Prabowo Subianto di urutan kedua dengan nilai elektabilitas 19,7 persen dan Anies Baswedan di posisi ketiga dengan angka elektalibilitas 17,7 persen.

Adapun survei nasional tersebut dilakukan pada periode 1 – 7 Agustus dengan metode yang telah ditetapkan.

Poltracking Indonesia melakukan survei nama-nama capres potensial 2024 menggunakan metode stratified multistage random sampling. Sebanyak 1.220 responden menjadi sampel dengan n margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi se-Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Sedangkan stratifikasi survei ini adalah proporsi jenis kelamin pemilih.

Baca juga: Anies Baswedan Dapat Tereliminasi dari Pilpres 2024: Puan Maharani, Prabowo dan Airlangga Aman

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved