Anies Baswedan Dapat 'Tereliminasi' dari Pilpres 2024: Puan Maharani, Prabowo dan Airlangga Aman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo dapat 'tereliminasi' dari kontestasi Pilpres 2024.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo dapat 'tereliminasi' dari kontestasi Pilpres 2024. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo dapat 'tereliminasi' dari kontestasi Pilpres 2024.

Meski punya elektabilitas tinggi, tapi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tidak memiliki kendaraan politik (partai politik)

Indikasi Anies Baswedan tak dapat mengikuti Pilpres 2024, terlihat dari dinamika politik belakangan ini yang mulai mengerucut kepada beberapa figur capres.

Puan Maharani dapat dibilang paling aman. PDIP yang memiliki 128 kursi parlemen (DPR RI), satu-satunya parpol yang dapat mengusung sendiri capres-cawapres.

Baca juga: Berharap Dukungan Pilpres 2024, Jarnas Gorontalo Senang Marten Taha Bertemu Anies Baswedan

Kemudian Prabowo Subianto yang dijagokan Partai Gerindra. Gerindra telah berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gerindra punya 78 kursi parlemen dan PKB punya 58 kursi parlemen. Total koalisi ini memiliki 136 kursi parlemen, sudah bisa mengusung pasangan capres-cawapres.

Selanjutnya, Airlangga Hartarto. Ketua Umum Partai Golkar ini kans kuat jadi peserta pilpres. Golkar telah berkoalisi dengan PAN dan PPP. Golkar punya 85 kursi, PAN 44 kursi dan PPP 19 kursi hingga total 148 kursi parlemen.

Selain Puan Maharani, Prabowo dan Airlangga, figur capres seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo belum dapat dipastikan masuk arena kontestasi Pilpres 2024.

Sebelumnya pernyataan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief terkait indikasi penjegalan Anies Baswedan maju Capres 2024 tak turun dari ruang hampa atau ujug-ujug.

Demikian ditegaskan Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani menanggapi polemik pernyataan Andi Arief.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved