Tips Kesehatan

Bawang Putih Bermanfaat untuk Kesehatan, Bantu Atur Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Satu manfaat bawang putih adalah bahan alami yang bisa memberi cita rasa pada masakan ini bisa membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darah.

freepik
Ilustrasi Bawang Putih - Satu manfaat bawang putih adalah bahan alami yang bisa memberi cita rasa pada masakan ini bisa membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darah. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Satu di antara manfaat bawang putih adalah bahan alami yang bisa memberi cita rasa pada masakan ini bisa membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darahnya.

Memang, sejumlah penelitian sudah menunjukan bahwa bawang putih memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Ternyata Bisa Bantu Redakan Pilek dan Flu

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh: Tingkatkan Sirkulasi Darah hingga Kelola Kolesterol dan Diabetes

Bahkan, mengutip Healthline, Dokter Yunani kuno Hippocrates, yang sering disebut bapak kedokteran Barat meresepkan bawang putih untuk mengobati berbagai kondisi medis.

Diketahui, ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dalam jumlah sedang (setidaknya satu siung atau setara setiap hari) ketika Anda menderita diabetes tipe 2, dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengutip diabetescarecommunity.ca, hasil dari sembilan penelitian yang mengamati bawang putih dan diabetes menunjukkan penurunan yang signifikan dalam glukosa darah puasa (gula) dalam waktu 1-2 minggu pada kelompok yang mengonsumsi 0,05-1,5 gram suplemen bawang putih setiap hari.

Selain itu, A1C berkurang secara signifikan pada minggu ke-12.

Dilansir Healthline, orang yang menderita diabetes tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau menggunakan insulin yang diproduksi tubuh mereka secara efisien.

Tentunya, hal ini dapat mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Baca juga: Kulit Telur Ternyata Dapat Dijadikan Sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang, Begini Caranya

Secara tradisional, bawang putih telah direkomendasikan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved