Brigadir J

Babak Baru Drama Kasus Brigadir J: Si Penembak Jitu Bharada E Minta Perlindungan ke LPSK

Babak baru 'drama' kasus Brigadir J. Rekan sekaligus rival baku tembak Brigadir J, Bharada E mengajukan permohonan perlindungan.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Foto-foto Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, polisi asal Manado. Babak baru 'drama' kasus Brigadir J. Bharada E mengajukan permohonan perlindungan. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Babak baru 'drama' kasus Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Rekan sekaligus rival baku tembak Brigadir J, Bharada E mengajukan permohonan perlindungan.

Bharada E asal Manado yang mempunyai nama lengkap Richard Eliezer Pudihang Lumiu menjalani pemeriksaan psikologis di kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Jakarta Timur.

Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu mengatakan Bharada E datang untuk menjalani proses pemeriksaan yang sudah diajukan sebelumnya.

Baca juga: Update Kasus Brigadir J: Sosok Misterius di Skuad Lama Ferdy Sambo, Komnas HAM Incar Saksi Kunci

"Bharada E datang pada (Jumat 29 Juli 2022) pukul 14.30 WIB, dan selesai menjalani pemeriksaan sampai dengan pukul 18.00 WIB," kata Edwin saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Sabtu (30/7/2022).

Pemeriksaan psikologis ini termasuk prosedur yang menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan apa LPSK akan menerima permohonan perlindungan Bharada E.

Hingga kini Bharada E yang merupakan saksi kasus dugaan pelecehan dan pengancam dialami PC, istri Irjen Ferdy Sambo masih berstatus pemohon, belum terlindung.

"Seksi pemeriksaan psikologis ini masih akan berlanjut minggu depan," ujar Edwin.

Sebelumnya Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo menuturkan telah melayangkan surat kepada Korps Brimob yang merupakan satuan Bharada E kini bertugas.

Melalui surat tersebut LPSK meminta Bharada E datang ke kantor mereka untuk proses investigasi dimintai keterangan dan pemeriksaan psikologis pada Rabu 27 Juli 2022.

Bharada E yang merupakan penembak jitu nomor satu di Resimen Satu Korps Pelopor Brimob akhirnya datang ke kantor LPSK Jumat.

Baca juga: Jejak Digital Kasus Brigadir J: Misteri 70 Menit di Dua Rumah Ferdy Sambo, Napoleon: Jujur Saja

"Akhirnya (perwakilan) dari Brimob ada yang datang ke LPSK kemarin (Rabu). Itu menyampaikan bahwa betul E sudah ditarik ke Brimob," ujar Hasto, Kamis (28/7/2022).

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara mengungkap pengakuan Bharada E mengenai adu tembak yang mengakibatkan tewasnya Brigadir J.

Sebelumnya, Komnas HAM memeriksa enam dari tujuh ajudan Kepala Divisi Propam (Propam) nonaktif Polri Irjen Ferdy Sambo.

Dari enam orang tersebut, Bharada E juga turut memenuhi panggilan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved