Konflik Rusia vs Ukraina

Menlu AS: Rusia Telah Gagal dan Ukraina Telah Berhasil

Keterangan di Ukraina diperkirakan berlanjut. Amerika Serikat akan membuka kembali kedutaan besarnya di Ukraina.

Editor: lodie tombeg
tribunnews
Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken 

TRIBUNGORONTALO.COM, Washington - Keterangan di Ukraina diperkirakan berlanjut, bahkan semakin meningkat. Amerika Serikat akan membuka kembali kedutaan besarnya di Ukraina.

Presiden AS, Joe Biden serta pejabat pertahanan paling senior juga menjanjikan lebih banyak bantuan militer saat mengunjungi Kiev, ketika Rusia memperingatkan agar tidak mempersenjatai musuhnya dan pertempuran berkecamuk di timur.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken dan Menteri Pertahanan, Lloyd Austin mengatakan kemampuan mereka untuk datang ke Ibu Kota Ukraina adalah bukti kegigihannya dalam memaksa Moskow untuk meninggalkan serangan di ibu kota bulan lalu.

“Dalam hal tujuan perang Rusia, Rusia telah gagal dan Ukraina telah berhasil,” kata Blinken setelah kunjungan tersebut, seperti dikutip dari CNA.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov pada Senin (25/4/2022) mengatakan bahwa krisis akan berakhir dengan kesepakatan, tetapi isinya akan tergantung pada situasi militer, mengkritik Kiev karena hanya meniru negosiasi.

Sebelumnya, duta besar Rusia di Washington mengatakan kepada Amerika Serikat untuk menghentikan pengiriman senjata, memperingatkan bahwa pengiriman besar senjata Barat mengobarkan konflik.

Perang dua bulan telah menewaskan atau melukai ribuan orang, membuat kota-kota menjadi puing-puing dan memaksa lebih dari lima juta orang melarikan diri ke luar negeri ketika serangan terbesar terhadap negara Eropa sejak 1945 berlanjut.

Pasukan Rusia terpaksa mundur dari pinggiran Kiev dalam menghadapi perlawanan keras dan belum merebut salah satu kota terbesar.

Amerika Serikat menjanjikan 713 juta dolar AS dalam bentuk bantuan baru untuk Ukraina dan negara-negara lain di kawasan yang dipandang berpotensi rentan terhadap ancaman Rusia.

Gedung Putih juga memperingatkan kemungkinan akan ada lebih banyak sanksi terhadap Rusia.

Tambahan 322 juta dolar dalam bantuan militer untuk Ukraina akan mengambil total bantuan keamanan AS sejak invasi dimulai sekitar 3,7 miliar dolat, kata seorang pejabat.

Ukraina Minta Bantuan Senjata

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken dan Menteri Pertahanan, Lloyd Austin melakukan kunjungan ke Kyiv, Ukraina pada hari Minggu (24/4/2022).

Bertepatan dengan kunjungan dua menteri tersebut, Ukraina meminta bantuan senjata yang lebih kuat untuk negaranya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved