Kronologi Pasukan Israel Masuk Al-Aqsa yang Melukai Ratusan Jemaah

Perayaan Ramadan di Yerusalem kembali ternoda. Pasukan Israel serang Al Aqsa pada Jumat (15/4/2022) pagi, menyerang jemaah Palestina

Editor: lodie tombeg
(AP PHOTO/MAHMOUD ILLEAN)
Pasukan keamanan Israel memasuki kompleks masjid Al-Aqsha di Yerusalem sebelum fajar pada Jumat ketika ribuan warga Palestina berkumpul untuk salat. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perayaan Ramadan di Yerusalem kembali ternoda. Pasukan Israel serang Al Aqsa pada Jumat (15/4/2022) pagi, menyerang jemaah Palestina dan melukai serta menangkap puluhan orang.

Kondisi masjid Al Aqsa terkini, puluhan jemaah terluka akibat tembakan peluru baja berlapis karet, gas air mata, dan granat kejut oleh pasukan Israel di halaman dan aula masjid.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan, 152 orang dievakuasi dari masjid Al Aqsa dan dipindahkan ke rumah sakit terdekat. Banyak di antara korban yang mengalami luka di tubuh bagian atas.

Rumah sakit Al Makassed di Yerusalem Timur berujar, mereka menerima 40 orang terluka dari Al Aqsa yang dua di antaranya dengan luka kritis. Sementara itu dilaporkan Middle East Eye, sedikitnya 400 orang ditangkap.

Menurut imam masjid Al Aqsa Shiekh Ekrima Sabri, tujuan Israel serang masjid Al Aqsa adalah membuka jalan bagi pemukim Israel untuk masuk ke kompleks masjid selama liburan Paskah yang dimulai Jumat malam. 

"Apa yang terjadi hari ini adalah serangan terencana dan diatur setelah mobilisasi pasukan pendudukan untuk menekan para jemaah yang tak berdaya," kata Sabri kepada Middle East Eye.

Imam berusia 82 tahun itu menambahkan, aktivis sayap kanan Israel berencana menyembelih hewan di masjid Al Aqsa sebagai bagian dari ritual agama.

Menurut Middle East Eye, penyembelihan seperti itu belum pernah terjadi sebelumnya di dalam Al Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam.

"Liburan (Paskah) akan berlangsung selama seminggu dan oleh karena itu kemungkinan mereka akan mencoba menyerang lagi," lanjut Sabri memprediksi sampai kapan pasukan Israel serang Al Aqsa.

152 Warga Palestina Luka

Sedikitnya 152 warga Palestina terluka akibat bentrokan dengan polisi antihuru-hara di dalam kompleks masjid Al-Aqsa, Yerusalem, pada Jumat (15/4/2022).

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan, sebagian besar warga Palestina yang terluka tersebut disebabkan terkena peluru karet, stun grenades, dan tongkat polisi.

Konfrontasi yang pecah di kompleks Al-Aqsa tersebut kembali memicu risiko menjadi konlfik yang lebih besar dan lebih luas seperti perang Gaza tahun lalu.

Kompleks Al-Aqsa berada di atas dataran tinggi Kota Tua Yerusalem Timur, yang direbut oleh Israel dalam perang tahun 1967, sebagaimana dilansir Reuters.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved