Breaking News:

Dosen Ilmu Politik IAIN Gorontalo Nilai Sekda dan Mantan Sekda Boalemo layak Jadi Pj Boalemo

Menurut Eka Putra Santoso Dosen IAIN Gorontalo, orang-orang yang akan menggantikan posisi jabatan bupati khususnya pejabat sementara

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Ist
Eka Putra Santoso, Dosen IAIN Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Masa Kepemimpinan Bupati Boalemo Anas Jusuf akan berakhir pada Bulan Mei Tahun 2022, hal ini tentu membuat masyarakat penasaran siapa yang akan mengisi kekosongan jabatan pelaksana tugas Bupati.

Menurut Eka Putra Santoso Dosen IAIN Gorontalo, orang-orang yang akan menggantikan posisi jabatan bupati khususnya pejabat sementara, itu memang harus melanjutkan beberapa program yang diurai oleh bupati sebelumnya. 

Ada sejumlah nama yang disebut-sebut, misalnya Sekda Sherman Moridu, Handoyo Sugiharto Mantan Kadis PU, Rusdin Mantan Kepala Bappeda,  dan Husain mantan Sekda Boalemo. Menurutnya figur-figur ini punya kapasitas dan pengetahuan tentang Kabupaten Boalemo. 

"kalau saya melihat normatifnya begitu, kalau orang-orang yang hadir dalam bursa pelaksana tugas, saya kira mereka orang-orang yang punya kapasitas," jelas Eka.

pejabat Bupati itu memang memiliki keterbatasan dalam hal kebijakan, karena memang, mereka hanya melanjutkan kebijakan yang sudah ada, jadi memang tidak terlalu signifikan dalam hal membuat satu kebijakan yang strategis.

"Siapa pun yang akan menjabat sebagai pejabat bupati, dia hanya bisa melanjutkan apa yang sudah ada, sembari menunggu pemilihan kepala daerah 2024," tuturnya.

Lanjut Eka, soal wacana orang Boalemo atau bukan orang Boalemo, bukan menentukan suatu kebijakan di sebuah daerah itu berjalan dengan baik. Yang menentukan ialah sejauh mana pejabat Bupati itu mampu melihat dan mempelajari bagaimana program bupati terdahulu.

Sebab sesuai regulasi, pejabat bupati hanya dapat menjalankan kebijakan terdahulu dan tidak bisa membuat kebijakan progresif untuk hal yang signifikan di Kabupaten boalemo.

"Pejabat dari putra daerah atau bukan putra daerah itu bukanlah wacana yang signifikan untuk kemajuan pembangunan," tuturnya 

Lanjut Magister Universitas Sunan Kalijaga itu, dua nama yang punya jejak kepemimpinan yang baik dari empat figur yang mencuat di adalah Husain Etango Mantan Sekda Boalemo dan Sherman Moridu Sekda saat ini.

"Saya kira dua nama itu, punya kans yang baik untuk menjadi pejabat bupati sementara, karena keduanya punya rekam jejak yang cukup mendalam terkait persoalan-persoalan yang krusial di Kabupaten Boalemo," jelasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved