Tradisi Ramadhan: Orang Mesir Ramai-ramai Nyalakan Fanous

Tradisi menyambut Ramadhan beragam di berbagai negara. Setiap negara memiliki tradisi puasa yang unik dengan perayaan.

Editor: lodie tombeg
AP PHOTO/MOHAMMAD ZAATARI
Seorang wanita berbelanja dekorasi untuk persiapan menyambut bulan suci Ramadhan mendatang, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Senin, 28 Maret 2022. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Tradisi menyambut Ramadhan beragam di berbagai negara. Setiap negara memiliki tradisi puasa yang unik dengan perayaan, kebersamaan, dan makanan khas yang menjadi menu wajib untuk sahur maupun buka puasa.

Kurma, air putih diikuti dengan makanan ringan secara tradisional dinikmati sebagai hidangan berbuka puasa di banyak negara.

Selain makanan khas Ramadhan, setiap negara juga memiliki tradisi unik selama Bulan Ramadhan. Berikut keunikan bulan Ramadhan dari sejumlah negara:

Pakistan

Persiapan makanan berbuka puasa dimulai sekitar tiga jam sebelumnya di rumah-rumah dan di warung-warung pinggir jalan.

Makanan gurih seperti jalebis, samosa, dan pakoras juga disajikan saat berbuka puasa. Banyak restoran juga menawarkan makanan buka puasa selama waktu ini.

Pada malam terakhir Ramadhan, orang-orang akan berduyun-duyun ke bazaar lokal untuk perayaan Chaand Raat.

Chaand Raat adalah sebuah tradisi di mana para wanita menggambar tangan dan kaki mereka dengan “pacar”. Tak hanya Pakistan, tradisi Ramadhan ini juga dilakukan di India dan Bangladesh.

India

Muslim India berbuka puasa dengan makanan berbuka puasa gratis yang diselenggarakan oleh masjid. Kurma dan air menjadi makanan awal berbuka puasa, yang merupakan hidangan vegetarian dan non-vegetarian yang mewah.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved