Pimcab BSG Marisa: Blokir Afiliasi Dana Nasabah Bank SulutGo di Pohuwato Sudah Prosedural

Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Pohuwato, terungkap puluhan ASN yang nasabah Bank SulutGo di mengeluh tak bisa menakses tabungan di rekening

Penulis: Wawan Akuba | Editor: Thamzil Thahir
Tribun Gorontalo
ILUSTRASI - Wali Kota Gorontalo Marten Taha menerimah dana CSR dari Bank SulutGo, Jumat (7/1/2022). 

TRIBUN-GORONTALO.COM, GORONTALO -- Pimpinan Cabang Bank Sulut Gorontalo (BSG atau Bank SulutGo) Marisa, Pohuwato Hasan Hamid, menegaskan pemblokiran rekening sejumlah nasabah bank dari aparatur sipil negara (ASN) di Pohuwato, sudah prosedur dan memenuhi unsur perbankan umum.

Penegasan manajemen BSG Cabang Marisa ini menyusul adanya keluhan sejumlah nasabah bank milik pemerintah daerah ini di kabupaten berjarak 201 km dari Kota Gorontalo itu, pekan lalu.

Pekan lalu, Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Pohuwato, terungkap puluhan ASN yang nasabah Bank SulutGo di daerah itu, mengeluh tak bisa menakses tabungan di rekeningnya.

Menurut Hasan, gaji para ASN yang dikuasakan untuk dipotong sebagai angsuran kredit.

Dana itu tak kunjung masuk ke rekening bank sesuai tanggal yang disepakati saat akad kredit.

“Inilah kenapa kami melakukan pemblokiran afiliasi, sambil menunggu efektif pembayaran. Hingga tanggal efektif pembayarannya,” ungkap Hasan kepada TribunGorontalo.com via telepon, Selasa (8/3/2021).

Baca juga: Efek Kebijakan Baru Menko Luhut, Klinik PCR Antigen di Bandara Gorontalo Mulai Kemasi Barang

Hasan menjelaskan sesuai prosedur sistem kredit di BSG, jika angsuran belum dilunasi, maka dana yang masuk ke rekening akan teridentifikasi sebagai angsuran kredit.

Entah itu dana gaji maupun non-gaji, akan terblokir hingga jumlah angsuran per bulan tersebut terpenuhi"

“Sistem itu diatur akan menerima pembayaran angsuran nasabah setiap tanggal 1 setiap bulannya. Nah menjadi masalah ketika gajinya masuk tidak tepat waktu. Jadi apapun dana yang masuk ke situ (rekening nasabah) akan dianggap sebagai angsuran dan diblokir (dana itu),” ungkapnya.

Namun bukan berarti, sistem itu tidak bisa ditawar. Jika memang itu bukanlah dana bersumber dari gaji, maka nasabah bisa mengajukan keberatan kepada pihaknya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved