Sudah Tidur? Coba Atasi dengan 7 Tanaman Ini

Anda susah untuk tidur, padahal sudah mengantuk. Mungkin Anda menderita iInsomnia. Gangguan susah tidur yang bisa menurunkan kualitas hidup.

Editor: lodie tombeg
Kompas.com
tanaman lidah mertua 

TRIBUNGORONTALO.COM - Anda susah untuk tidur, padahal sudah mengantuk. Mungkin Anda menderita iInsomnia. Gangguan susah tidur yang bisa menurunkan kualitas hidup.

Untuk mengatasi insomnia, kita bisa menjajal aneka terapi meditasi dan obat-obatan medis yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur.

Seperti membatasi asupan kafein, menghindari makan porsi besar mendekati jam tidur, meminum segelas susu hangat, atau menyetel musik-musik ringan yang meninabobokkan.

Jika ingin menjajal cara yang aman dan alami sekaligus bermanfaat ganda menambah estetika ruangan, cobalah memasukkan beberapa jenis tanaman indoor ke dalam kamar tidur. Beberapa tanaman ini dipercaya bisa memicu kantuk dan membuat tidur lebih lelap. Tanaman apa sajakah itu?

1. Melati

Dilansir dari laman Martha Stewart, pohon melati termasuk jenis tanaman hias yang bisa meningkatkan kualitas tidur. Aroma melati yang wangi bisa merilekskan saraf, mengusir stres, meredakan anxiety, mengundang kantuk, dan membuat tidur lebih lelap.

2. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung banyak nutrisi yang bisa digunakan menyehatkan tubuh. Karena hal inilah, rakyat Mesir Kuno menyebut lidah buaya sebagai the plant of immortality atau tanaman abadi. Jika diletakkan di dalam kamar, lidah buaya akan mengeluarkan sangat banyak oksigen di malam hari. Oksigen dari lidah buaya ini bisa menyaring dan membersihkan udara dalam kamar sehingga bisa mengurangi radikal bebas yang memicu gangguan saraf faktor penyebab susah tidur.

3. Lavender

Dalam English Garden disebutkan bahwa lavender bisa digunakan mengatasi gangguan insomnia. Menurut National Sleep Foundation, aroma khas dari lavender bisa memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah sehingga tubuh lebih rileks dan kantuk lebih mudah datang.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved