Festival I Look Boalemo

Tomini Fashion Carnaval Parigi Moutong Meriahkan Festival I Look Boalemo 

Pesona Festival I Look Boalemo. Festival yang digelar Pemerintah Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo ini berlangsung sukses. Tak hanya Gorontalo.

Penulis: Wawan Akuba | Editor: lodie tombeg
Tribun Gorontalo
Tomini Fashion Carnaval dari Parigi Moutong Sulteng memeriahkan Festival I Look Boalemo Gorontalo, Jumat (11/2/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Pesona Festival I Look Boalemo. Festival yang digelar Pemerintah Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo ini berlangsung sukses. Tak hanya dari Gorontalo, dua provinsi tetangga, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah ambil bagian.

Menarik peserta dari Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulteng. Mereka ikut memeriahkan festival bertajuk I Look Boalemo yang digelar pada sejak Jumat-Minggu (11-13/2/2022). Kabupaten yang posisinya berada di Teluk Tomini tersebut membuka festival itu dengan Tomini Fashion Carnaval (TFC).

Parade pakaian khas daerah Parimo tersebut menggunakan busana adat yang dirancang sesuai kekayaan budaya dan potensi daerah itu Parimo. Grup parade itu telah eksis sejak 2014 dan diprakarsai oleh Samsurizal Tombolotutu, Bupati Parimo.

130222-Carnaval
Tomini Fashion Carnaval dari Parigi Moutong Sulteng memeriahkan Festival I Look Boalemo Gorontalo, Jumat (11/2/2022).

TFC diikuti oleh lima peserta dengan rancangan busana yang berbeda-beda. Ada lima konsep busana dengan corak yang beragam. Masing-masing busana dengan dominasi warna kuning, biru, merah, hijau, dan hijau merah.

Menariknya, TFC ini telah malang melintang dalam sejumlah event daerah, nasional, maupun internasional. Sebut Makassar World Culture, lalu menyabet juara 1 pada Parade Nasional, juara 2 pada Malang Flower Carnival, dua kali mengikuti festival Karawo Provinsi Gorontalo, dan pada event nasional bahkan pernah mengikuti ajang Hermitage Garden di Moskow Rusia pada 2017.

Tidak heran, segudang prestasi dan pengalaman ini membuat TFC makin percaya diri untuk tampil dalam I Look Boalemo.

Bupati Boalemo, Anas Jusuf bahkan dalam sambutannya mengakui suguhan penampilan TFC yang ia sebut luar biasa, “Terima kasih untuk Wakil Bupati Parimo yang hadir dan tidak hanya itu, namun menyuguhkan penampilan parade yang luar biasa seperti yang sudah kita saksikan tadi,” ungkapnya. (wan)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved