Pilpres 2024

Puan - Ganjar - Anies - Prabowo Bersaing: 2 Figur Ini Potensi ke Putaran Dua Pilpres 2024

Empat nama masing-masing Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto bakal bersaing sebagai capres.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. Empat nama masing-masing Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto bakal bersaing sebagai capres. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Empat nama masing-masing Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto bakal bersaing sebagai capres.

Pilpres 2024 yang didukung 4 poros kekuatan berpotensi dua putaran.

Poros pertama, PDIP yang menjagokan Puan Maharani.

Poros kedua, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang didukung Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Koalisi ini menjagokan Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto.

Poros ketiga, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang didukung Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa. Koalisi ini bakal mengusung Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar.

Poros keempat, Koalisi Perubahan yang bakal didukung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat. Koalisi ini bakal mengusung Anies Baswedan.

Sedangkan cawapresnya ada nama Agus Harimurti Yudhoyono dan Andika Perkasa.

Analis politik yang juga CEO FDS UI Research & Consulting Rulli Nasrullah memprediksikan akan lahir empar poros kekuatan pilpres.

Poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dimotori Golkar, PAN, dan PPP. Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang dibentuk Gerindra dan PKB.

Poros PDIP, satu-satunya parpol parlemen yang sudah memenuhi presidential threshold atau ambang batas untuk mengajukan calon presiden dan calon wakil presiden.

Terakhir poros Koalisi Perubahan, beranggotakan Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Analisis Rulli, merangkum hasil survei berbagai lembaga riset maupun diskusi dengan para elite politik maupun para intelektual politik, bakal ada empat tokoh utama kandidat capres.

Tiga tokoh dengan elektabilitas (tingkat keterpilihan) tertinggi yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Kemudian Puan Maharani, figur perempuan, yang menjadi jagoan dari PDIP.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved