Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-310: Belarus Protes setelah Wilayahnya Dihantam Rudal Ukraina

Kondisi terkini perang Rusia, Jumat (30/12/2022): Belarus protes setelah wilayah negaranya dihantam rudal yang disebut-sebut milik Ukraina.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
MINISTRY OF DEFENCE REPUBLIC OF BELARUS/AFP/HANDOUT
Foto rilisan pada 18 Januari 2022 oleh Kementerian Pertahanan Belarus yang menunjukkan kereta pasukan Rusia yang mengangkut kendaraan militer tiba untuk latihan di Belarus. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-310 pada Jumat (30/12/2022): Belarus protes setelah wilayah negaranya dijatuhi rudal Ukraina. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang yang terjadi di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Jumat (30/12/2022) terhitung telah berlangsung 310 hari lamanya.

Kabar terbaru dalam perang adalah Minsk protes setelah rudal Ukraina jatuh di wilayah Belarus saat Rusia meluncurkan gelombang serangan lainnya ke Kyiv.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Invasi ini juga disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' dengan tujuan untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-309: Zelensky Sebut Tak Ada Tempat yang Tak Berdarah di Bakhmut

Namun dalam perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina sekaligus yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

Konflik antar negara bertetangga itu, hingga kini terus berlanjut dan belum terlihat akan segera berakhir.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-310 perang Rusia dengan Ukraina:

- Kantor berita Belarus yang dikelola negara BelTA melaporkan bahwa rudal S-300 Ukraina telah jatuh ke wilayah Belarus dalam salah satu serangan rudal terbesar Rusia terhadap Ukraina sejak dimulainya perang.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-308: Putin Larang Pasok Minyak ke Negara yang Batasi Harga

- Duta Besar Ukraina dipanggil ke Kementerian Luar Negeri di Minsk, Ibu Kota Belarus, untuk menerima protes resmi setelah juru bicara kemenlu mengatakan pendaratan rudal di tanah Belarus "sangat serius".

Sebagai informasi, Belarus merupakan sekutu Rusia sekaligus negara tetangga Ukraina.

- Rusia meluncurkan gelombang serangan rudal melintasi Ukraina pada Kamis (29/12/2022) pagi waktu setempat.

Yang mana angkatan udara Ukraina mengklaim telah menembak jatuh 54 rudal jelajah bersayap Rusia dari 69 yang diluncurkan ke Ukraina dari Rostov di Rusia, Laut Kaspia, dan Laut Hitam.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-307: Drone Kyiv Serang Pangkalan Udara Rusia, 3 Orang Tewas

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengakui bahwa sebagian besar wilayah mengalami pemadaman listrik setelah serangan tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved