Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-308: Putin Larang Pasok Minyak ke Negara yang Batasi Harga

Kondisi terkini perang di Ukraina, Rabu (28/12/2022): Vladimir Putin larang pasok minyak ke negara-negara yang batasi harga minyak Rusia.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Tangkapan Layar The Guardian
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin, 9 Mei 2022. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-308 pada Rabu (28/12/2022) antara lain Putin melarang pasokan minyak ke negara-negara yang berpartisipasi dalam pembatasan harga minyak mentah Rusia. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang yang terjadi antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Rabu (28/12/2022) terhitung telah berlangsung 308 hari lamanya.

Kabar terbaru dalam perang adalah Presiden Rusia Vladimir Putin melarang pasokan minyak ke negara-negara yang berpartisipasi dalam pembatasan harga minyak mentah, hingga pertempuran sengit berlanjut di selatan dan timur Ukraina.

Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Invasi yang disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' ini bertujuan untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-307: Drone Kyiv Serang Pangkalan Udara Rusia, 3 Orang Tewas

Tetapi seiring perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson sekaligus.

Konflik antar negara bertetangga itu, hingga kini terus berlanjut dan belum terlihat tanda-tanda untuk segera berakhir.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-308 perang Rusia dengan Ukraina:

- Putin telah menandatangani dekrit yang melarang pasokan minyak dan produk minyak ke negara-negara yang berpartisipasi dalam pembatasan yang diberlakukan mulai 1 Februari 2023 selama lima bulan.

Baca juga: Demi Bikin Putin Tak Punya Dana Perang di Ukraina, UE Batasi Harga Minyak Rusia 60 Dolar per Barel

Sebelumnya, G7, Uni Eropa, dan Australia sepakat pada bulan ini untuk memberi batas harga 60 dolar (sekitar Rp 939 ribu) per barel untuk minyak mentah lintas laut Rusia yang berlaku efektif mulai 5 Desember 2022.

Pembatasan harga ini dilakukan dengan tujuan agar Rusia tidak memiliki uang untuk membiayai perang di Ukraina.

- Pasukan Ukraina tampaknya semakin dekat untuk merebut kembali kota utama Kreminna yang dikuasai Rusia di Provinsi Luhansk.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-304: Putin Ingin Tentaranya Segera Dilengkapi Peralatan Militer

Gubernur Luhansk Serhiy Haidai mengatakan bahwa para pejuang di bagian kota yang dikendalikan oleh komando Rusia itu terpaksa mundur ke Rubizhne, sebagai akibat dari tekanan militer Ukraina.

Rubizhne sendiri merupakan sebuah kota di Provinsi Luhansk, beberapa mil di tenggara Ukraina.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved