Jokowi Saksikan Penandatanganan Kerja Sama Inhan Indonesia dengan Perusahaan Pertahanan Turki

Sejumlah Industri pertahanan (Inhan) Indonesia menjalin kerja sama, dalam penyelenggaraan Indo Defence 2022 Expo and Forum

Editor: Fajri A. Kidjab
Istimewa
PT Falah Inovasi Teknologi (Falah) dan Havelsan merupakan perusahaan pertahanan asal Turki telah sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan berbagai produk untuk pelatihan dan simulasi.  

TRIBUNGORONTALO.COM - Sejumlah Industri Pertahanan (Inhan) Indonesia menjalin kerja sama, dalam penyelenggaraan Indo Defence 2022 Expo and Forum di JI Expo Kemayoran, Rabu (2/11/2022).

Penandatanganan disaksikan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto merupakan rangkaian kunjungan Presiden Jokowi ke pameran Internasional Industri Pertahanan Indo Defence 2022 Expo.

Diketahui, salah satu industri pertahanan Indonesia, yakni PT Falah Inovasi Teknologi (Falah) dan Havelsan merupakan perusahaan pertahanan asal Turki telah sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan berbagai produk untuk pelatihan dan simulasi. 

Kerja sama itu dimulai dengan pengembangan shooting simulator, parachute simulator dan flight simulator.

Komisaris sekaligus CTO Falah, Deni Muslim, menyampaikan bahwa Havelsan adalah mitra strategis, untuk teknologi dalam pengembangan berbagai produk training dan simulasi.

“Kita sangat gembira dapat menjalin kerja dengan Havelsan, karena mereka memiliki pengalaman yang panjang dan memiliki visi serta semangat yang sama terutama terkait pengembangan industri dan transfer of technology,” kata Deni di Jakarta, Rabu (2/10/2022).

Noviayana CEO Falah menceritakan bahwa penandatanganan MoU pada hari ini merupakan babak baru bagi kedua pihak setelah pertemuan pertama di event International Defence Exhibition (IDEX) Abu Dhabi 2021 silam. 

“Kami bertemu pertama kali di IDEX 2021 Abu Dhabi dan berlanjut pada due diligence, saling mengunjungi, kami berkunjung ke Ankara dan mereka berkunjung ke Jakarta.” ujar Noviayana.

Sejak awal berdiri Falah memfokuskan produknya pada pelatihan militer dan non-militer menggunakan teknologi canggih seperti augmented reality dan virtual reality. 

Falah memiliki sistem manajemen pembelajaran sendiri dan platform virtual training suite untuk berbagai konten yang dibutuhkan.

Saat ini, Falah telah mengembangkan banyak konten dan skenario pelatihan yang dibuat khusus untuk pelatihan perawatan pesawat, sistem pembelajaran bahasa virtual reality, dan berbagai materi pelajaran e-learning lainnya.

Kedepannya, Havelsan dan Falah akan terus mengembangkan produk dan menembus pasar baru bersama-sama di Indonesia atau belahan dunia lainnya.

“Era pasca pandemi ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai pembelajaran dan pelatihan dengan metode digital dan virtual. Ini dibutuhkan tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh belahan dunia. Falah optimis dapat menembus pasar baru di luar negri bersama Havelsan,” tutup Noviayana.

Dalam kerangka kerja sama ini, Falah akan melakukan inovasi pada perangkat keras dan perangkat lunak dari sistem agar dapat sesuai dengan kebutuhan aparat militer Indonesia, aparat keamanan, aparat penegak hukum dan berbagai pasukan khusus. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved