Bermusuhan tapi Setuju dengan Pesulap Merah, Haji Ridwan Akui Gus Samsudin Gunakan Trik

Ahli Spiritual Bang Haji Ridwan dari kubu Persatuan Dukun Indonesia sependapat dengan Pesulap Merah bahwa pengobatan Gus Samsudin menggunakan trik.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Kolase YouTube PESULAP MERAH PRODUCTIONS | Cumicumi
Kolase foto kiri: Marcel Radhival alias Pesulap Merah dan Gus Samsudin di Padepokan Nur Dzat Sejati di Desa Rejowinangun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim). | Foto kanan: Ahli Spiritual Bang Haji Ridwan setelah diperiksa di Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (24/10/2022) atas laporan yang dibuat Persatuan Dukun Indonesia terhadap Pesulap Merah. Meski bermusuhan, Bang Haji Ridwan juga setuju dengan Pesulap Merah dalam hal bahwa pengobatan spiritual Gus Samsudin hanyalah trik. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Ahli Spiritual Bang Haji Ridwan dari kubu Persatuan Dukun Indonesia sependapat dengan lawannya, Marcel Radhival alias Pesulap Merah dalam hal pengobatan spiritual Gus Samsudin Jadab.

Setuju dengan Pesulap Merah, Bang Haji Ridwan menyebut bahwa pengobatan spiritual di Padepokan Nur Dzat Sejati yang dimiliki oleg Gus Samsudin hanyalah trik.

Pernyataan Bang Haji Ridwan itu tampak sesuai dengan aksi Pesulap Merah yang membongkar rahasia perdukunan Gus Samsudin di padepokannya yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur itu.

"Gus Samsudin Jadab itu memang menggunakan trik, pengobatannya," ujar Bang Haji Ridwan saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (24/10/2022) seperti dilansir TribunGorontalo.com dari kanal YouTube Cumicumi.

Baca juga: Pernah Bersumpah Bakal Lapor Balik, Pesulap Merah Ungkap Alasan Belum Polisikan Gus Samsudin

Bang Haji Ridwan menyebut bahwa trik yang digunakan Gus Samsudin dalam pengobatan spiritualnya adalah permainan tahun 1980-an.

"Itu permainan orang tahun '85, '80an itu, digunakan sekarang," kata Bang Haji Ridwan.

Bang Haji Ridwan yang juga berkiprah di dunia perdukunan lantas menegaskan bahwa ia tak menggunakan trik seperti Gus Samsudin.

Bang Haji Ridwan mengaku bahwa ia menggunakan ayat-ayat Alquran dan selawat untuk mengobati pasiennya.

Baca juga: Ngaku Hanya Berseteru dengan Gus Samsudin, Pesulap Merah Bodo Amat ke Jindan yang Dianggap Pansos

"Kalau di Abang ini tidak, beda, dengan menggunakan ayat Allah dan selawat, jadi jangan disamakan," sebut Bang Haji Ridwan.

Meski senada dengan Pesulap Merah tentang Gus Samsudin, Bang Haji Ridwan diketahui merupakan lawan dari pesulap yang berjuluk pawang dukun itu.

Mewakili Persatuan Dukun Indonesia, Bang Haji Ridwan diketahui juga melaporkan Pesulap Merah ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Agustus 2022 lalu atas dugaan kasus ujaran kebencian sebagaimana diatur dalam UU ITE.

"Kalau Marcel kooperatif dan juga dari pihak kepolisian tidak terlalu sibuk, Insya Allah seminggu, dua minggu ini ada pemanggilan, karena deliknya sudah masuk," ungkap Bang Haji Ridwan.

Baca juga: Datangi Kantor Polisi, Bang Haji Ridwan Update soal Laporan Dukun ke Pesulap Merah

Bang Haji Ridwan pun menegaskan bahwa proses hukum terhadap Pesulap Merah harus terus berjalan.

"Dan ini harus wajib berjalan, berjalan terus karena tidak ada orang yang kebal hukum," ucap Bang Haji Ridwan.

Bang Haji Ridwan juga menekankan bahwa laporan Persatuan Dukun Indonesia berbeda dengan laporan Gus Samsudin terhadap Pesulap Merah.

Sementara Persatuan Dukun Indonesia bersikukuh ingin mempolisikan Pesulap Merah, tampak Bang Haji Ridwan tak peduli dengan perkembangan laporan Gus Samsudin kepada Marcel Radhival di Polda Jatim.

Sebagaimana diketahui bahwa terkait pembongkaran rahasia perdukunan yang dilakukan Pesulap Merah, ia juga dilaporkan Gus Samsudin pada awal Agustus 2022 lalu ke Polda Jatim.

(TribunGorontalo.com/Nina Yuniar)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved