Pilpres 2024

Pengamat Politik dari IAIN Gorontalo: Unggul Survei Tak Jamin Ganjar - Airlangga Menang Pilpres 2024

Unggul dalam jajak pendapat simulasi pasangan capres - cawapres, tak menjamin Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto memenangkan Pilpres 2024.

Penulis: M Husnul Jawahir Puhi | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Husnul Puhi
Pengamat Politik dan Dosen IAIN Gorontalo Hendra Yasin. Unggul dalam jajak pendapat simulasi pasangan capres - cawapres, tak menjamin Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto memenangkan Pilpres 2024. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Unggul dalam jajak pendapat simulasi pasangan capres - cawapres, tak menjamin Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto memenangkan Pilpres 2024.

Syarat mutlak untuk memenangkan Pilpres 2024 adalah harus diusung partai politik atau gabungan parpol. Ganjar - Airlangga belum tentu lolos atau diusung pada pesta demokrasi nanti.

Jika dinyatakan lolos, kemenangan Ganjar - Airlangga akan sangat ditentukan siapa lawan nanti. Pada simulasi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Puan Maharani yang menjadi jagoan PDIP hanya di posisi nomor 2 (cawapres).

Jajak pendapat menemukan pasangan Ganjar - Airlangga paling banyak dipilih massa PDIP. Bisa lain ceritanya jika Puan Maharani menjadi capres.

Baca juga: Pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024, Hendra Yasin Beber Kekuatan Sandiaga Uno - AHY

Pengamat politik dari Gorontalo Hendra Yasin menyebut sosok Ganjar - Airlangga tak menjamin memenangkan kontestasi Pilpres 2024, walaupun memiliki elektabilitas tinggi.

Alasan Hendra karena syarat mutlak untuk memenangkan Pilpres 2024, sosok yang diisukan harus dicalonkan terlebih dahulu.

111022-LSI Denny JA-1
Infografis hasil survei LSI Denny JA. Unggul dalam jajak pendapat simulasi pasangan capres - cawapres, tak menjamin Ganjar Pranowo - Airlangga Hartarto memenangkan Pilpres 2024.

"Elektabilitas tinggi tidak memberi efek terhadap pemenang jika tidak dicalonkan oleh partai atau gabungan parpol pada kontestasi Pilpres 2024," sebut Hendra saat ditemui di salah satu Cafe Kota Gorontalo, Selasa (11/10/2022).

Membahas soal Ganjar, Dosen Pemikiran Politik Islam di IAIN Gorontalo ini mengatakan, sosok Ganjar selalu leading (tertinggi) di setiap survei yang dilakukan oleh lembaga survei (pollster).

Menurut Hendra, Ganjar selalu mendapatkan nilai elektabilitas tertinggi dalam setiap rilis survei, namun dalam memenangkan kontestasi pilpres pilihan pasangan juga menjadi penting.

Pilihan pasangan berpengaruh pada bertambah, stagnasi dan berkurangnya elektabilitas.

"Ada calon presiden (capres) yang begitu tinggi nilai elektabilitasnya, tapi ketika dia berpasangan bisa saja turun ataupun naik," jelas Hendra.

Dalam artian, seorang capres itu bisa meraih elektabilitas tinggi tergantung dari pasangan yang akan dipasangkan saat mencalonkan.

Baca juga: Simulasi 3 Pasangan Calon di Pilpres 2024: Ini Elektabilitas Ganjar, Puan Maharani, Prabowo, Anies

"Tak menutup kemungkinan dapat meningkat nilai elektabitasnya bahkan merosot," imbuh Hendra.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, Ganjar disimulasikan berpasangan dengan Airlangga itu hal wajar terjadi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved