Pilpres 2024

Ridwan Kamil Masuk Golkar? Pengamat: Kode Maju Pilpres atau Pilkada 2024

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan bergabung Partai Golkar. Kode Ridwan Kamil maju Pilpres 2024?

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Airlangga Hartarto mengangkat bendera Partai Golkar dan Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan bergabung Partai Golkar. Kode Ridwan Kamil maju Pilpres 2024? 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan bergabung Partai Golkar. Kode Ridwan Kamil maju Pilpres 2024?

Analis politik menilai Ridwan Kamil diuntungkan bila menjadi kader Golkar. Pertama dia dapat panggung maju pilpres dan kedua boleh maju Pilkada Jawa Barat.

Ridwan Kamil masuk Golkar sebagai investasi politik ke depan. Ada dua event politik, yakni Pilpres dan Pilkada 2024.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono memberi respons dengan foto kabar Ridwan Kamil. Dalam foto itu, tampak Ridwan Kamil bertemu dengan Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono dan sejumlah pimpinan Golkar Jabar.

Namun, tak ada informasi lebih lanjut mengenai waktu dan lokasi foto itu diambil. Deva menuturkan, kepastian bergabungnya Ridwan Kamil ini akan diputuskan pada November 2022.

Investasi politik ke depan Menanggapi isu ini, Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoriul Umam menilai, bergabungnya RK ke Partai Golkar mengindikasikan bahwa ia siap maju dalam ajang Pemilihan Presiden (Pilpres).

Baca juga: Buntuti Ganjar-Prabowo-Anies, Ridwan Kamil Masuk Bursa Capres Papan Atas

Akan tetapi, peluang itu cukup berat jika berangkat dari Partai Golkar.

"Jika ingin berangkat Pilpres dari Golkar, maka membuka peluang terjadinya dua matahari kembar," kata Umam kepada Kompas.com, Kamis (29/9/2022).

Karena itu, Umam menyebut masuknya RK ke Partai Golkar bisa dimaknai sebagai bagian dari investasi politik ke depan.

Ia menuturkan, saat ini Partai Golkar menjadi pilihan yang rasional bagi mantan Wali Kota Bandung itu.

Pasalnya, Golkar merupakan partai politik yang kekurangan tokoh marketable untuk didorong dalam Pilpres 2024.

"Namun, kalkulasinya menjadi agak rumit jika keberpihakan RK di Golkar juga akan menggeser peluang Airlangga untuk maju Pilpres lewat Golkar," jelas dia. Selain itu, pilihan politik untuk Ridwan Kamil saat ini semakin terbatas.

Menurutnya, RK sudah di-blacklist dari tiga partai, Partai Gerindra dan PKS yang merasa dikhianati usai Pilkada Wali Kota Bandung, serta Partai Nasdem yang merasa dikhianati setelah Pilkada Gubernur Jawa Barat.

Corak nasionalis Karena merepresentasikan corak nasionalis, Umam menganggap Golkar bisa menjadi pilihan yang baik bagi RK. Hal ini memberi ruang manuver lebih terbuka bagi RK dibandingkan masuk partai politik Islam atau berbasis umat Islam.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved