Fakta Soal Tarsius Supriatnai, Maskot AMF 2023 Gorontalo Bernama Lokal Mimito

Dr Jatna Supriatna merupakan sosok yang banyak mensponsori berbagai riset konservasi di Indonesia. Ia menjabat Direktur Conservation International di

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Wawan Akuba
Pj Gubernur Gorontalo memperlihatkan potret Tarsius supriatnai saat peresmian tuan rumah Asian Mini Football 2023. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Tarsius supriatnai juga disebut Tarsius jatna. Nama belakang satwa kecil ini diambil dari nama penemunya, Dr Jatna Supriatna, profesor biologi di Universitas Indonesia.

Dr Jatna Supriatna merupakan sosok yang banyak mensponsori berbagai riset konservasi di Indonesia. Ia menjabat Direktur Conservation International di Indonesia selama 15 tahun.

Tarsius supriatnai dipilih sebagai maskot pertandingan sepak bola bernama Asian Mini Football Championship 2023 di Gorontalo. 

Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyebut Tarsius supriatna dengan sebutan Tarsilo atau Tarsius Gorontalo. Karena memang ditemukan di Gorontalo. 

Tarsius juga sering disebut Tangkasi. Ini adalah primata berjuluk “fosil hidup”. Konon, mamalia ini sudah ada sejak zaman Eosin. Rumornya, Tarsius adalah inspirasi tokoh maha guru Jedi di film Star Wars.

Ciri umum Tarsius mampu memutar kepala hingga 180 derajat. Ia mampu melihat ke belakang tanpa mengubah posisi tubuh. Serupa burung hantu.

Ciri lainnya adalah Tarsius memiliki mata besar, telinga lebar, serta rambut tebal dan halus. Keunikan seluruh jenis Tarsius terletak pada kakinya. 

Baca juga: UP3 PLN Gorontalo Gelar Simulasi Tanggap Darurat Perkuta K3L

Ia memiliki kaki yang lebih panjang dari tangan bahkan tubuhnya. Tidak heran, satwa nokturnal ini mampu melompat hingga 3 meter. Apalagi berat tubuhnya yang hanya 120 gram. 

Ada setidaknya 11 spesies Tarsius di dunia, Badrut Tamam menulis, dari 11 itu, hanya 1 spesies saja yang tidak ada di Indonesia. 

Adapun jenis Tarsius di Indonesia yakni 9 genus Tarsius dan 1 genus Cephalophacus. Kesepuluh spesies tersebut adalah (1) Tarsius tarsier (=spectrum), Tarsius fuscus, Tarsius dentatus, Tarsius pelengensis, Tarsius sangirensis, Tarsius tumpara, (7) Tarsius pumilus, Tarsius lariang, Tarsius wallacei, Cephalophacus bancanus.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved