Pilpres 2024

Peluang Duet Puan Maharani, Jokowi Jawab Desakan Maju Pilpres 2024

Arus dukungan Joko Widodo (Jokowi) maju pemilihan presiden (pilpres) 2024 mengencang. Jokowi menjadi wakilnya Puan Maharani.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Ketua DPR RI Puan Maharani dan Presiden Jokowi. Arus dukungan Jokowi maju pemilihan presiden (pilpres) 2024 mengencang. Jokowi menjadi wakilnya Puan Maharani. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Arus dukungan Joko Widodo (Jokowi) maju pemilihan presiden (pilpres) 2024 mengencang. Jokowi menjadi wakilnya Puan Maharani.

Spekulasi ini mencuat setelah elite PDIP menanggapi peluang Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Hitung-hitungannya PDIP makin mengerujut ke Puan Maharani sebagai capres. Posisi cawapres 'kosong', berpeluang diisi Jokowi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI-P Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul mengatakan, Jokowi bisa saja menjadi wapres pada tahun 2024. Namun, tetap saja ada syaratnya, misalnya harus diajukan oleh partai politik tempatnya bernaung.

"Kalau Pak Jokowi mau jadi wapres, ya sangat bisa. Tapi, syaratnya diajukan oleh parpol atau gabungan parpol," ujar Pacul saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Peluang Capres Puan Maharani: Unggul di Pedesaan, 53,8 Persen Pemilih Berstatus Quo

Pacul mengatakan, secara aturan, Jokowi diizinkan jika ingin maju sebagai cawapres. Namun, tergantung apakah Jokowi ingin menggunakan peluang tersebut atau tidak. Menurut dia, itu adalah keputusan dari Jokowi sendiri.

Terbaru, Presiden Jokowi merespons isu yang menyebutkan kemungkinan dirinya akan maju sebagai cawapres pada Pilpres 2024.

Jokowi mengaku sejak awal bukan dirinya yang melontarkan isu-isu seputar Pilpres 2024, mulai dari perpanjangan masa jabatan presiden hingga pencalonan dirinya menjadi cawapres pada 2024.

Bahkan Jokowi menegaskan telah beberapa kali menjawab pertanyaan soal isu-isu tersebut.

"Sejak awal saya sampaikan bahwa ini yang menyiapkan bukan saya lho ya," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (16/9/2022), seperti dilihat pada YouTube Sekretariat Presiden.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved