Pilkada Gorontalo

Pilkada Gorontalo: Ketat Tiket Cagub Golkar, Pengamat Sebut Kekuatan Menpora Zainudin Amali

Nama Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meramaikan bursa calon gubernur (cagub) Gorontalo dari Partai Golkar.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Menpora Zainudin Amali. Nama Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meramaikan bursa calon gubernur (cagub) Gorontalo dari Partai Golkar. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Nama Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) meramaikan bursa calon gubernur (cagub) Gorontalo dari Partai Golkar.

Selain Zainudin Amali, ada nama Anggota DPR RI Idah Syahidah, Wali Kota Gorontalo Marten Taha, mantan Bupati Pohuwato Syarief Mbuinga, mantan Wagub Toni Uloli dan Dubes Roem Kono.

Enam tokoh termasuk Menpora Zainudin Amali akan memperebutkan satu tiket cagub dari Golkar.

Mengacuh dari kekuatan Pemilu 2019, partai berlambang pohon beringin ini satu-satunya partai politik yang dapat mengusung pasangan cagub-cawagub. Golkar merebut 10 kursi parlemen (DPRD provinsi), di atas syarat ambang batas 20 persen atau 9 kursi parlemen.

Kendati begitu, Golkar perlu lagi kerja keras untuk minimal mempertahankan perolehan kursi pada Pemilu 2024, kemudian menuju Pilkada 2024.

Baca juga: Zainudin Amali Masuk Bursa Cagub Gorontalo, Pengamat: Dinamis Politik di Golkar

Sebelumnya, fungsional Partai Golkar Gorontalo Thomas Mopili menyebutkan terdapat lima figur cagub yang tengah dipersiapkan untuk meramaikan kontestasi di bursa Pemilihan Gubernur Gorontalo 2024.

Soal nama Zainudin Amali, kata Thomas, di Rakerda memang tidak sempat menyebut namanya akan tetapi jika nanti hasil surveinya lebih tinggi tidak menutup kemungkinan akan diakomodir.

Kata Thomas, walaupun nama Amali tidak masuk dalam pembahasan saat di Rakerda untuk memutuskan dia masuk dalam bursa Pilgub.

Hal ini ada diskresi dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto tentu ada data dan fakta bahwa, Amali pun memiliki elektabilitas tinggi.

"Popularitasnya cukup dan siapa yang tidak mengenal ZA, kemarin dengan angka 300 ribu suara belum terpecahkan rekornya, sehingga hari ini, tentu ZA ada kemungkinan masuk sebagai orang yang akan dicalonkan," jelasnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved