Capres 2024

Update Capres 2024: Peluang Duet Puan Maharani-Prabowo hingga Sinyal 'Queen Maker' PDIP

Kian tipis peluang duet Puan Maharani-Prabowo Subianto atau sebaliknya menuju Pilpres 2024. Partai Gerindra telah deklarasikan Capres Prabowo.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Puan Maharani, Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar. Kian tipis peluang duet Puan Maharani-Prabowo Subianto atau sebaliknya menuju Pilpres 2024. Penyebabnya, Partai Gerindra telah deklarasikan Prabowo Capres. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Kian tipis peluang duet Puan Maharani-Prabowo Subianto atau sebaliknya menuju Pilpres 2024. Penyebabnya, Partai Gerindra telah deklarasikan Prabowo Capres.

Sementara nama Puan Maharani telah digadang-gadang sebagai capres dari PDIP. Meski peluangnya kecil, namun tak ada yang tak mungkin dalam politik.

Isu politik nasional lainnya, Megawati Soekarnoputri disebut hendak menjadi 'queen maker' dengan menggembleng capres PDIP. Meski tak disebutkan siapa capres, namun sinyal kuat untuk Ketua DPR Puan Maharani.

Baca juga: Jokowi Ditanya Restui Prabowo-Ganjar, Peluang Duet Puan Maharani-Prabowo Subianto

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, kecil kemungkinan Gerindra bakal berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Apalagi, baru-baru ini, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, telah menyatakan kesiapannya maju sebagai calon presiden di pilpres mendatang.

"Menurut saya tetap sulit kalau PDI-P dengan Gerindra karena logika dari pembagian kekuasaannya agak sulit," kata Yunarto kepada Kompas.com, Minggu (14/8/2022).

Yunarto mengatakan, elektabilitas PDI-P jauh mengungguli Gerindra. Pada Pemilu 2019 lalu, PDI-P menempati posisi puncak dengan perolehan 27.503.961 suara atau 19,33 persen.

Sementara, Gerindra mengekor di urutan kedua dengan mengantongi 17.594.839 suara atau 12,57 persen. Jika melihat elektabilitas tersebut, logikanya, kursi calon presiden menjadi jatah PDI-P.

Sebagai partai penguasa, menurut Yunarto, PDI-P enggan jika hanya mendapat kursi calon wakil presiden.

Sementara, Gerindra telah mendeklarasikan ketua umummya, Prabowo Subianto, maju sebagai capres.

Baca juga: Suara Kader PDIP hingga Relawan Daerah Beri Sinyal Puan Maharani Capres 2024

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved