Capres 2024

Peluang Puan Maharani-Sri Mulyani-Yenny-Susi Maju Pilpres 2024: Begini Kata Pengamat

Puan Maharani, Sri Mulyani Indrawati, Susi Pudjiastuti dan Yenny Wahid adalah tokoh perempuan yang meramaikan bursa calon presiden.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
SRIKANDI - (kiri ke kanan) Puan Maharani, Sri Mulyani, Yenny Wahid dan Susi Pudjiastuti. Puan Maharani, Sri Mulyani Indrawati, Susi Pudjiastuti dan Yenny Wahid adalah tokoh perempuan yang meramaikan bursa calon presiden dan calon wakil predisen. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Puan Maharani, Sri Mulyani Indrawati, Susi Pudjiastuti dan Yenny Wahid adalah tokoh perempuan yang meramaikan bursa calon presiden dan calon wakil predisen.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai Puan Maharani paling berpeluang di antara beberapa tokoh perempuan untuk maju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kondisi di lapangan Puan Maharani masih lebih kuat. Apalagi Ketua DPR RI itu adalah kader PDIP, satu-satunya partai politik yang dapat mengusung sendiri pasangan capres-cawapres.

Baca juga: Duet Puan Maharani-Ganjar Pranowo: Begini Analisis Pengamat Politik dari Gorontalo

PDIP punya 128 kursi di DPR RI. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu sudah melewati presidential threshold (ambang batas mencalonkan presiden) 20 persen kursi parlemen.

Jerry menyebut beberapa nama tokoh perempuan, di antaranya Susi Pudjiastuti hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Tapi kondisi di lapangan Ketua DPR RI Puan Maharani masih di atas kertas mengungguli lawannya," kata Jerry dalam keterangan yang diterima Tribunnews, Rabu lalu.

Jerry menilai jabatan strategis sudah diembannya mulai dari Menteri hingga Ketua DPR.

Baca juga: Pengamat Politik dari IAIN Gorontalo: Puan Maharani Sangat Layak Maju Capres 2024

"Sejak era Megawati Soekarnoputri belum lahir pemimpin perempuan, dan kini muncul penerus Puan Maharani yang notabene cucu mendiang Presiden Soekarno. Sebagai Ketua PDIP, maka anak perempuan Megawati ini punya kans kuat diusung partai berlambang Banteng Moncong Putih ini," kata Jerry.

Puan Serap Aspirasi Rakyat Sebelum Bertemu Pimpinan Parpol

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Riezky Aprilia mendukung safari Ketua DPR Puan Maharani ke daerah-daerah yang belakangan masif dilakukan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved