Breaking News:

Pilpres 2024

'Jokowi Effect' Cenderung Turun, Presiden Tak Mau Relawan Usul Capres 2024

'Jokowi effect' pada Pilpres 2024 ramai dibahas! Beberapa jajak pendapat menemukan hasil 'Jokowi effect' cenderung menurun.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Jokowi saat kampanye Pilpres 2019. 'Jokowi effect' pada Pilpres 2024 ramai dibahas! Beberapa jajak pendapat menemukan hasil 'Jokowi effect' cenderung menurun. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - 'Jokowi effect' pada Pilpres 2024 ramai dibahas! Beberapa jajak pendapat menemukan hasil 'Jokowi effect' cenderung menurun.

'Jokowi effect' kepada Ganjar Pranowo hanya mengerek kenaikan 1,2 persen elektabilitas. Untuk Anies Baswedan sedikit lebih besar, yakni 1,6 persen. Temuan terbaru ini oleh Development Technology Strategy (DTS) Indonesia  pada akhir Juni hingga awal Juli 2022.

Pada Desember 2021, ada temuan 14,3 persen responden akan mengikuti pilihan Jokowi di Pilpres 2024, sebanyak 27,6 persen tidak akan mengikuti dan 46,9 persen akan mempertimbangkan.

Lembaga survei Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI) mengukur 'Jokowi effect' di Pilpres 2024. Survei pada 12 November-4 Desember 2021.

Kabar terbaru, Presiden Joko Widodo tidak mau ada usulan nama capres-cawapres saat para relawan menggelar musyawarah rakyat (musra) dalam waktu dekat.

Baca juga: Projo Gorontalo Undang Jokowi-Ganjar-Sandi-Rachmat Hadiri Musra Capres-Cawapres

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Mustar Bona Ventura yang hadir dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (29/7/2022).

Mustar mengungkapkan, dalam pertemuan itu, beberapa kelompok relawan mengundang Presiden Jokowi untuk hadir dalam musra yang rencananya untuk menentukan capres dan cawapres yang akan didukung pada Pemilu 2024.

"Terkait undangan tersebut, Presiden mengatakan, dia belum bisa pastikan kehadirannya dan dia juga berkeberatan nama capres dan cawapres tersebut disebutkan," ungkap Mustar dalam keterangan tertulisnya, dikutip pada Sabtu (30/7/2022).

Mustar lantas menjelaskan, pertemuan dengan Presiden Jokowi dimulai setelah sholat Jumat selama sekitar dua setengah jam. Ada sekitar 30-an perwakilan kelompok relawan hadir, di antaranya:

- Projo,

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved