Perusahaan Jepang Berencana Bangun Pabrik Kakao di Pohuwato

Rencana pembangunan pabrik Kakao di Pohuwato diungkapkan langsung oleh Tsubasa Tamura dan Yazaki, dua delegasi perusahaan Kanematsu Corporation. 

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Pertemuan antara delegasi perusaan Jepang dengan Pemerintah Pohuwato dalam hal pengembangan Kakao. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Pohuwato – Perusahaan asal Jepang, Kanematsu Corporation berencana membangun pabrik Kakao di Pohuwato. 

Rencana pembangunan pabrik Kakao di Pohuwato diungkapkan langsung oleh Tsubasa Tamura dan Yazaki, dua delegasi perusahaan Kanematsu Corporation

Keduanya menyampaikan rencana pembangunan pabrik Kakao di Pohuwato itu langsung kepada Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga, Senin (25/7/2022). 

“Kami memastikan bahwa Pemda Pohuwato ke depannya akan dimudahkan proses pemasarannya (Kakao) oleh Kanematsu Corporation.” ungkap Yazaki yang diterjemahkan oleh, Indri Afriani Yasin.

Yazaki bahkan memuji iklim Pohuwato yang dinilai cocok untuk pengembangan kakao. 

Apalagi Taluditi, sebuah kecamatan di Pohuwato yang menjadi lumbung Kakao di Pohuwato. 

“Kecamatan Taluditi adalah lokasi terbesar Kakao, sehingga rencana ke depan akan dibangun pabrik di sini,’ tegas Yazaki yang diterima di ruang kerja Bupati Pohuwato.

Saipul dalam kesempatan itu, mengaku menyambut baik tujuan dari dua delegasi perusahaan Jepang tersebut. 

Karena itu, ia akan menyeriusi tawaran dari perusahaan itu. “Sangat pas daerah penghasil Kakao terbanyak ini (Pohuwato) bisa dibangunkan pabrik serta bisa mengekspor langsung ke mancanegara,” tegas Saipul. 

Ditambahkan oleh Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh, Pohuwato tercatat mampu memproduksi 7.500 ton Kakao setiap tahun.

Angka ini kata dia adalah angka produksi Kakao tertinggi Se-Gorontalo. Pasokan terbanyak Kakao Pohuwato dari Kecamatan Taluditi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved